Jakarta, innews.co.id – Perubahan strategi bisnis yang dilakukan PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) melahirkan optimisme pertumbuhan kredit mencapai 10 persen di 2018.

Hal tersebut disampaikan Lisawati, Direktur Utama Bank Ganesha di Jakarta, beberapa waktu lalu. Dijelaskannya, awalnya bank mempunyai banyak portofolio kredit menengah besar. Terakhir bank melakukan perubahan strategi yaitu akan banyak menyalurkan kredit ke UKM.

“Dengan perubahan strategi bisnis ini maka akan ada penyesuaian target kredit,” kata Lisawati.

Hal ini karena dengan mengintensifkan penyaluran kredit ke UKM maka besaran kredit tidak sebesar jika menyalurkan kredit menengah besar.

Meskipun ada perubahan strategi bisnis, Bank Ganesha optimistis sampai akhir tahun ini bisa mencapai pertumbuhan kredit 10 persen secara tahunan atau year on year(yoy). Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) juga dijaga di angka tersebut. Untuk mengoptimalkan penyaluran kredit, bank akan berusaha meminimalisir risiko kenaikan suku bunga.

Caranya dengan mengimplementasi kenaikan bunga berbasis risiko. Selain itu bank juga akan meningkatkan porsi penyaluran kredit UMKM dari 11-12 persen menjadi lebih dari 30 persen. (RN)