Jakarta, innews.co.id – Musim hujan yang mulai melanda Jakarta, berpotensi menghadirkan banjir.

Namun, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, nampaknya sudah punya ‘senjata ampuh’ guna mengatasinya. Bisa jadi ini teknologi tercanggih, melebihi ide gubernur DKI Jakarta sebelumnya Ahok, yang konon berencana membetonisasi pinggiran sungai.

Senjata ampuh yang akan digunakan Anies adalah menyiapkan 8.000 karung pasir untuk meredam banjir di wilayah Jakarta Utara.

Seperti dilakukan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara yang telah menyiapkan sebanyak 8.000 karung pasir.

Ribuan karung pasir tersebut nantinya digunakan sebagai langkah antisipasi datangnya banjir pada musim hujan.

Menurut Santo Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, nantinya 8.000 karung pasir tersebut akan dibagikan secara merata di setiap enam kecamatan di wilayah Jakarta Utara.

“Masing-masing kecamatan yang ada di Jakarta Utara akan mendapat 1.000 karung pasir. Total ada enam kecamatan di wilayah Jakarta Utara,” kata Santo, di Jakarta, Rabu (7/11).

Dengan total enam kecamatan tersebut, berarti ada 6.000 karung pasir yang didistribusikan secara merata.

Sedangkan untuk 2.000 karung pasir sisanya akan ditempatkan di Kantor Suku Dinas SDA Jakarta Utara.

“Sisa karung pasir yang ditempatkan di Kantor Suku Dinas SDA Jakarta Utara, sebagai bentuk antisipasi. Jadi kalau jumlah karung pasir di kecamatan kurang, ditambah dari sini,” urainya.

Lebih jauh Santo menambahkan, keberadaan ribuan karung pasir itu sebagai bentuk antisipasi jangka pendek, jika nantinya ada saluran air atau tanggul yang jebol.

Sehingga, bisa ditangani sesegera mungkin menggunakan karung pasir.

“Ini bentuk antisipasi jangka pendek kalau ada saluran atau yang limpas, supaya enggak sampai menggenangi permukiman warga,” paparnya. (IN)