Jakarta, innews.co.id – Kesembilan pasang gubernur-wakil gubernur yang diantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/9) sepakat mendukung Presiden Joko Widodo yang akan maju dalam Pemilihan Presiden 2019 nanti berpasangan dengan K.H. Ma’ruf Amin.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh mereka. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengaku mendukung Jokowi karena mengetahui karakter dan kualitas mantan Wali Kota Solo tersebut.

“Beliau jadi gubernur, saya Bupati Bantaeng. Beliau jadi presiden, saya masih Bupati Bantaeng. Saya bisa merasakan seorang leader yang memiliki kepedulian terhadap daerah,” kata Nurdin. Kemajuan yang dialami daerah, lanjut Nurdin, tidak lepas dari prioritas Jokowi membangun infrastruktur secara masif hingga ke wilayah Indonesia Timur. Oleh karena itu, dia berpendapat Jokowi harus diberi kesempatan kembali memimpin untuk menuntaskan semua programnya.

Hal senada dikatakan Gubernur Papua Lukas Enembe. Menurut Lukas, sepanjang sejarah Indonesia, Jokowi yang lebih memahami Papua. “Saya optimistis dukungan akan merembet hingga akar rumput. Harga mati, bungkus, 3 juta suara kita kasih semua ke Jokowi,” ujar Lukas yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu.

Gubernur NTT Viktor B Laiskodat mengakui sudah sedari awal mendukung Jokowi. Demikian halnya Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi. Dukungan yang sama juga datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil membuka peluang menjadi tim sukses Jokowi-Ma’ruf jika tidak melanggar aturan.

“Saya ikut aturan dulu. Namun, Ahmad Heryawan pernah juga jadi ketua timses Pak Probowo (Subianto) kan? Tentu ini hak politik, tidak masalah,” ungkap mantan Wali Kota Bandung itu.

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Kos-ter dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mengambil cuti agar bisa berkampanye pada Pilpres 2019. “Saya harus dukung, enggak usah di minta, harus inisiatif. Aku akan cuti kalau kampanye,” tandas Ganjar.

Hal serupa juga disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Dia akan mendukung pemimpin yang membawa kesejahteraan bagi warga Sumatera Utara. (RN)