Jakarta, innews.co.id – Guna meningkatkan kualitas kredit perseroan terutama dalam mengamankan portofolio kredit sebagai aset, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kemitraan srategis dengan Peng­urus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI).

Kemitraan strategis tersebut ditandai dengan pe­nan­datanganan MoU Bank BTN dan PP INI terkait Penyediaan Jasa Layanan Perbankan dan Pembuatan Akta-Akta dalam Rangka Kegiatan Perbankan, di Jakarta, Selasa (23/10).

Menurut Direktur Utama Bank BTN Maryono, “Kemitraan strategis dengan PP INI ini untuk mengaman­kan dokumen kredit berupa akta tanah sesuai ketentuan ber­la­ku. Dengan langkah ini kami optimistis bisa memberikan pelayanan dengan kualitas kredit lebih baik kepada masyarakat pengguna fasilitas KPR BTN”.

Maryono menambahkan, berbagai inovasi itu untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah. Terlebih, sekitar 85 persen aset perseroan bergantung dari keamanan sertifikat yang prosesnya tidak lepas dari keberadaan PP-INI.

“Jadi kami melihat kerja sa­ma ini amat penting bagi Bank BTN untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat yang menikmati fasilitas KPR BTN dengan tersedianya dokumen akta tanah yang di­jamin keabsahannya,” tegas Maryono dalam keterangan resminya.

Saat ini, lanjut dia, debitur Bank BTN berjumlah sekitar 4 juta-7 juta orang. Para de­bitur berkontribusi dalam pengumpulan aset perseroan sebesar Rp268 triliun per se­mes­ter I 2018. Aset berupa pembiayaan kredit itu bergantung dari sertifikat tanah sebagai agunan.

“Tentunya, proses pengada­an sertifikat melibatkan nota­ris sebagai pejabat pembuat akta tanah. Sehingga, PP INI menjadi mitra strategis yang diharapkan dapat membantu perseroan dalam memproses sertifikat tepat waktu untuk diserahkan kepada debitur BTN. Sejauh ini BTN bekerja sama dengan sekitar 1.875 notaris,” kata Maryono.

Sementara itu, Ketua Umum PP INI Yualita Widyadhari menyatakan kesi­apannya untuk bekerja sama dengan Bank BTN.

Ia berjanji melakukan pertemuan lanjut­an dengan anggotanya untuk menyamakan persepsi dengan Bank BTN. Hingga kini, jumlah anggota PP INI di Indonesia yang sudah terdaftar sebanyak 18.000 notaris. (RN)