Jakarta, innews.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) menyiapkan uang tunai senilai Rp48,2 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan saat Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Dari jumlah tersebut, 60 persen dialokasikan untuk mesin ATM, CDM, dan CRM, serta sisanya sebesar 40 persen disebar di unit kerja BRI.

Hal tersebut dikatakan Osbal Saragi Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI dalam buka bersama BRI dan Media di Gedung BRI I, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Selain menyediakan uang tunai, BRI juga tetap melaksanakan kegiatan operasional pada 3-7 Juni di 229 unit kerja serta menggelar weekend banking pada 1-2 dan 8-9 Juni di 155 unit kerja.

“Kami juga memastikan bahwa layanan kepada nasabah inti kerjasama seperti setoran penerimaan BBM dan Non BBM Pertamina, Penebusan SPP Bulog, pembayaran PNBP POLRI, pembayaran tagihan rumah sakit, penerimaan imigrasi visa on arrival serta layanan lainnya tetap berjalan pada periode lebaran tahun ini,” ungkap Osbal.

Kendati demikian, BRI mengimbau nasabah untuk bertransaksi secara cashless pada layanan perbankan 24 jam. Ia pun memastikan perangkat E-Channel BRI seperti mesin ATM, EDC dan CRM dalam kondisi baik untuk digunakan oleh nasabah dengan menggandeng vendor pihak ketiga.

“Untuk mendorong cashless society, kami juga telah menyiapkan lebih dari 408 ribu Agen BRILink dan hampir 200 ribu EDC yang tersebar d seluruh Indonesia guna memfasilitasi transaksi keuangan selama Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2019. Khusus menyambut periode ini, kami juga menyiapkan tambahan uang elektronik BRIZZI sebanyak 889 ribu kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran tol saat mudik, pembelian barang, dan pembayaran lainnya melalui berbagai merchant,” sambungnya.

BRI juga menyiapkan tambahan uang elektronik BRIZZI sebanyak 889 ribu kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran tol, pembelian barang dan pembayaran lainnya melalui berbagai merchant.

BRI turut membuka Posko Mudik Lebaran di 41 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia sejak H-7. Pada posko tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan e-channel BRI (ATM dan CRM), layanan kesehatan ringan (cek tensi darah dan P3K), informasi produk BRI serta hiburan. (RN)