Muslim Ayub Politikus PAN yang berafiliasi dengan Mulfachri Harahap

Jakarta, innews.co.id – Rasa kecewa Amien Rais sebagai pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap kepemimpinan Zulkifli Hasan saat ini berujung pada rencana mendirikan PAN Reformasi.

Hal ini dikatakan Muslim Ayub politikus PAN yang berafiliasi dengan Mulfachri Harahap, Rabu (25/3/2020) malam. “Pak Amien saya dengar sudah serius untuk mendirikan PAN Reformasi. Itu agar partai ini tidak dikondisikan, tidak distel, tidak diatur oleh penguasa, maunya kita begitu,” kata Muslim.

Dia mendukung langkah Amien tersebut. Langkah itu juga didukung oleh beberapa DPW lainnya. “Orang-orang yang membesarkan PAN dulu, termasuk berapa DPW dulu menginginkan PAN Ini memang harus direformasi,” tambahnya.

Muslim menilai, PAN kini telah melenceng dari cita-cita awal dibentuknya partai tersebut. Ia menyebut ketika Amien mendirikan partai berlambang matahari putih itu, PAN masih betul-betul mandiri dan tidak mau diintervensi.

“Pak Amien ini satu-satunya orang yang masih hidup dan berani mengkritisi pemerintah, yang berani menyampaikan pesan-pesan moral. Nggak ada orang lagi. Jadi dengan hal-hal yang begini Pak Amien ini memang betul-betul masih dicintai masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Wacana pembentukan PAN Reformasi itu muncul dalam keterangan video berdurasi 6 menit 39 detik. Dalam video tersebut Amien mengaku tak bisa berdiam diri melihat desakan dari DPD dan DPW PAN. Apalagi, selepas Kongres V, kejanggalan masih terjadi dalam penyusunan kepengurusan periode 2020-2025.

“Bila memang itu salah satu solusi yang bagus untuk masa depan PAN, kita harus membuat PAN Reformasi. Kenapa tidak? Sedang saya pertimbangkan,” ujar Amien dalam video tersebut. (MT)