Bogor, innews.co.id – Meniti karir sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sejak 1998, Ana Wismayanti, SH.,Sp1., sudah makan asam garam dalam menjalankan tugas-tugasnya. Berbagai jabatan organisasi pun pernah ia duduki, hingga kini sebagai Sekretaris Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Jawa Barat.

Pada Konferwil Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Jawa Barat, Desember 2018 nanti, dirinya mencalonkan diri sebagai Ketua Pengwil IPPAT Jawa Barat periode 2018-2021.

Ditemui saat bersilahturahmi dengan para PPAT di wilayah Bogor, Selasa (13/11) siang, Ana menjelaskan, keinginannya untuk maju dalam kontestasi Ketua Pengwil dikarenakan niatan tulus untuk membuat organisasi ini lebih baik lagi.

Ana saat bersilahturahmi di Bogor

Visi dan misi Ana terakumulasi pada tiga hal penting, yakni integritas, prima, dan sinergis.

Ana menerangkan, integritas memiliki arti profesional dalam bekerja serta berbuat bagi kemajuan organisasi. Prima artinya, memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap anggota.

Selain itu juga, memajukan potensi masing-masing pengurus daerah. Hal yang akan dilakukan adalah secara rutin mengadakan pelatihan, bimbingan, serta upgrading kepada para anggota.

“Kalau daerah maju, maka akan berdampak pada pengwil, selanjutnya pengurus pusat (PP),” kata Ana yang juga Tim Sekretaris PP IPPAT ini.

Bangun harmonisasi

Visi lainnya adalah sinergis, baik internal maupun eksternal. Internal, tentu bagaimana Pengwil Jawa Barat memiliki hubungan baik dengan 25 Pengda di Jabar. Demikian juga sinergis dengan PP.

Salah satu bentuk sinergitas yang akan dibangun adalah membuat sekretariat bersama bagi INI dan PPAT di level Pengwil Jabar.

Silahturahmi diselingi acara makan bersama

Sementara eksternal dengan lembaga-lembaga lainnya, seperti pemerintah, penegak hukum, dan sebagainya.

“Dengan sinergi yang baik, maka akan lahir harmonisasi dan efisiensi kerja. Tanpa sinergis, maka tidak akan tercipta harmonisasi,” tandas Ana yang berperan sebagai PPAT di Kota Cimahi.

Karena itu, Ana mengharapkan dukungan dari para PPAT di Jabar untuk mendukung dirinya menciptakan harmonisasi.

Meski saat ini Ana menduduki jabatan sebagai Sekretaris Pengwil INI Jabar, namun bila dirinya diberi amanat sebagai Ketua Pengwil IPPAT Jabar, maka ia akan berkomitmen melepas jabatannya di INI tersebut.

Ana (paling kiri) berbagi kebersamaan, membangun sinergitas

Diakui Ana, masih banyak tantangan para PPAT di Jabar, mulai dari banyaknya sertifikat ganda, masalah pertanahan, dan sebagainya.

Namun, Ana meyakini bahwa dengan sinergitas dan harmonisasi organisasi, maka akan meminimalisir permasalahan-permasalahan yang ada.

Ana juga mengajak para PPAT untuk bisa menggunakan hak pilih dengan baik. “Berorganisasi itu baik, bukan sekadar berkumpul, tapi juga membuka pintu rezeki. Mari bersama kita bangun IPPAT Jabar dengan lebih baik lagi,” tukas Ana. (RN)