Perayaan Natal Arisan Batak Kinclong (Bakin) berlangsung semarak bersama anak-anak panti El Safan di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (4/12/2019)

Jakarta, innews.co.id – Para kaum wanita yang terhimpun dalam Arisan Batak Kinclong (Bakin) tidak hanya sekadar kumpul-kumpul semata, namun ada banyak hal yang telah dilakukan dalam menapaki 9 tahun usianya.

Justru, para wanita Batak metropolitan ini memanfaatkan momen kebersamaan untuk berbagi dengan sesama. Hal ini nampak pada Perayaan Natal Arisan Bakin yang diadakan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Ketua Bakin Susy Teddy Siahaan menyerahkan secara simbolis tali kasih kepada anak-anak dari Panti El Safan

Secara khusus para wanita yang cantik-cantik ini mengundang El Safan, sebuah panti tuna netra yang begitu kreatif dan telah merilis album rohani ini.

Acara yang mengusung tema ‘Jagalah Hatimu Dengan Segala Kewaspadaan karena Dari Situlah Terpancar Kehidupan’ ini dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Yolanda Makasunggal, M.Th., yang tak lain adalah istri dari penyanyi terkenal Victor Hutabarat ini.

Dalam siraman kotbahnya, Yolanda mengingatkan betapa pentingnya kaum perempuan menjaga hati. “Perempuan harus menjadi tiang doa bagi keluarga. Tiang itu harus kuat agar bangunan tidak rubuh. Kalau tiangnya lemah, maka sangat rentan bangunan itu ambruk,” ujarnya.

Pdt Yolanda Makasunggal, M.Th., yang tak lain adalah istri dari penyanyi terkenal Victor Hutabarat ini memberikan siraman rohani

Usai ibadah, dilanjutkan dengan acara hiburan sambil santap malam bersama. Penampilan lawak Batak yang dibawakan Edison Sibuea dan Tivi Tambunan cukup menghibur para personil Bakin ini.

Dalam keterangannya Renatha Sihombing, SH., Ketua Panitia mengatakan, penyelenggaraan Natal Bakin merupakan agenda rutin setiap tahunnya. “Kita mau berbagi dan selalu mengingat sesama yang membutuhkan. Dan, momentum Natal ini menjadi saat yang tepat,” ujarnya yang diaminkan oleh Adriana Siahaan (Sekretaris), Musi Pasaribu (Bendahara), dan Evline Nababan (Koordinator Seksi Acara).

Renatha Sihombing, SH., Ketua Panitia Natal Bakin 2019 menyampaikan laporannya

Panitia acara ini berharap tali kasih yang diberikan kepada anak-anak dari Panti El Safan bisa dipergunakan sebaik-baiknya. Pada kesempatan itu, Bakin memberikan uang tunai sebesar Rp 20 juta, bingkisan, serta membeli lebih kurang 400 keping CD lagu-lagu El Safan.

Sementara itu, Susy Teddy Siahaan Ketua Bakin mengatakan, Bakin dalam perjalanannya tidak hanya sebatas kumpul-kumpul untuk arisan, tapi banyak hal sosial yang dilakukan.

Susy Teddy Siahaan Ketua Arisan Bakin memberikan sambutan

“Tahun lalu kami merayakan Natal di sebuah Panti Asuhan di bilangan Kampung Melayu. Di sana kami berbagi kasih dengan anak-anak. Setiap tahun kami usahakan merayakan Natal di tempat yang berbeda-beda,” jelasnya.

Ditanya soal anggota, Susy mengatakan, Bakin beranggotakan 51 orang. Padahal, ketika awal terbentuk 9 tahun lalu hanya 20 orang saja. Sebagai Penasihat Bakin adalah Nourma Damanik istri dari Otto Hasibuan, yang dikenal sebagai pengacara kondang.

Para anggota Bakin tampak begitu kinclong di Perayaan Natal yang diadakan di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (4/12/2019)

“Setiap anggota Bakin merasakan kasih Tuhan begitu besar dalam kehidupan. Kami tahu semua karena kebaikan Tuhan. Karena itu, dengan ketulusan kami mau membantu sesama,” ujar Susy.

Kedepan, kata Susy, ia berharap semua anggota Bakin bisa terus memelihara kebersamaan. Dengan tagline ‘Ina Saroha’ (sehati), Bakin siap menyongsong 2020 dengan penuh optimisme. “Pastinya, banyak hal yang akan kita kerjakan kedepan,” pungkas Susy. (RN)