Jakarta, innews.co.id – Sebagai wanita bukan berarti hidup berjalan mulus. Ada banyak tantangan serta liku-liku yang dihadapi. Namun, wanita punya ‘kekuatan’ ekstra yang memampukan dirinya untuk keluar dari persoalan, bahkan menjadikan masalah sebagai tools guna menguatkan mental dan kebajikan dalam dirinya.

Hal ini kentara jelas dalam Talk Show Women Empowerment – Challenges & Wisdom yang diinisiasi notaris kondang Ashoya Ratam, SH., M.Kn., dan dilaksanakan di Ruci’s Joint, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, Ashoya berbagi cerita dan pengalaman tentang menghadapi tantangan hidup dan hal-hal seputar dilema perempuan pada masa ini.

Menurutnya, “Perempuan mempunyai dan berhak diberi peranan dan kesempatan yang sama dengan pria untuk berkarya dalam berbagai bidang, tanpa melupakan kodrat kita sebagai wanita”.

Dikatakan Ashoya, antara karir, keluarga, dan mengurus diri sendiri itu harus seimbang. “Memang tidak mudah, tapi perempuan itu belajar dari hari ke hari untuk bagaimana menyeimbangkan hal itu” ujarnya.

Pada kesempatan itu Ashoya tampil bersama 7 perempuan hebat lainnya, di antaranya Gita Tiffany Boer (Director – Group General Counsel of PT Astra International Tbk), Alya Rohali (Public Figure), Wanda Hamidah (Politikus), Pratiwi Sutowo (Medicins Sans Frontieres). Nisa Istiani (Program Manager of International Development Law Organization), Reny Feby (Jewelry Fashion Designer), dan Putri Ayu Larasati (Founder and Creative Director of Cera Official).

Suasana semakin seru saat sesi tanya jawab. Para narasumber diberondong berbagai pertanyaan mengenai bagaimana mengejar cita-cita, membagi waktu antara keluarga dan karir, serta tips and trick menjadi wanita yang unggul.

Acara tersebut sangat menginspirasi para perempuan yang hadir. Mereka seperti dibukakan bahwa ada begitu banyak peluang yang bisa diambil kaum perempuan.

Lebih dari itu, Ashoya berharap, sebagai perempuan harus mampu memberi sumbangsih dan kontribusi bagi kemaslahatan orang banyak, mulai dari keluarga, sanak saudara, lingkungan sekitar, komunitas, pun bangsa dan negara. (RN)