August Hamonangan, siap berjuang untuk NKRI

Jakarta, innews.co.id – Tidak seperti kebanyakan calon legislatif yang melangkah didasari ambisi semata, August Hamonangan Pasaribu justru melakukan hal sebaliknya. Setelah melalui pertimbangan yang sangat matang, ia pun memutuskan maju pada konstestasi demokrasi pada Pemilihan Legislatif 2019.

“Sekarang saatnya saya ‘berbagi’ apa yang Tuhan sudah anugerahkan kepada saya secara lebih luas lagi, yakni kepada bangsa dan negara,” ujar pria yang dikenal low profile serta kaya ilmu ini saat berbincang dengan innews di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dirinya tentu tidak sembarang berucap, karena memang faktanya demikian. Selama ini, pria yang dikenal sebagai pengacara papan atas, juga aktifis berbagai organisasi, serta pengajar di sejumlah perguruan tinggi ini adalah sosok yang mumpuni dan dikenal sebagai pembela kaum yang lemah.

Meski berkemampuan mumpuni, namun August yang duduk sebagai Anggota Litbang DPN Peradi ini lebih memilih berjuang untuk mendapatkan tiket ke DPRD Provinsi DKI Jakarta. Ia mengambil daerah pemilihan DKI 8 yang meliputi Kecamatan Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, Tebet, dan Mampang. Ia menggunakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai kendaraan politiknya. Alasannya sederhana, “PSI partai energik serta terbukti anti-korupsi dan anti-intoleransi”.

Bersama salah satu mahasiswa hasil didikannya

Ditanya soal visi-misinya, August berujar, “Visinya menjadikan Jakarta lebih MANTAP (Maju, Aman, Toleran, dan Anti-Pungli). Sementara misinya, menyelesaikan masalah-masalah secara tuntas, khususnya di dapilnya yang meliputi, ancaman intoleransi, gerakan radikalisme, usaha kecil yang kerap disingkirkan, kemacetan, serta terminal bayangan yang kerap dikeluhkan masyarakat”.

Bagi pemuda-pemudi di wilayah DKI Jakarta, dengan lugas, suami tercinta Mawarlina Manullang dan ayahanda dari Rehuel Gary Kasparov Pasaribu dan Sisilia Margaret Thatcher Pasaribu ini telah menyiapkan sejumlah konsep menarik yang patut menjadi pertimbangan para kawula muda dalam menentukan pilihan kelak.

Dirinya akan mengajak kawula muda Jakarta menjadi daerah ini makin Mantap dengan:
1. Membuka pelatihan/kursus keterampilan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan pasar.
2. Mengikutsertakan pemuda-pemudi sebagai pelaku usaha kecil (UMKM) dengan memanfaatkan digitalisasi baik bagi kawula muda putus sekolah maupun pengangguran. Dengan begitu, maka kawula muda bisa diperlengkapi dan bisa bersaing dengan yang lain.
3. Mendirikan PKBM plus dengan target menciptakan pemuda-pemudi yang bermental baja dan berintegritas dalam memajukan kehidupan bangsa dan negara dalam spirit Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Langkah August sudah mantap untuk memasuki rimba pertarungan pada Pemilu Legislatif di 2019. Namun, perjuangan tentu selayaknya diridhoi, disemangati, dan didukung oleh segenap warga DKI Jakarta yang mencintai perubahan ke arah yang lebih baik. (RN)