Jakarta, innews.co.id – Dalam kaitan memberikan pembekalan kepada para anggota DPR terpilih, Partai NasDem menggelar sekolah legislatif pada 16-19 Juli di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem. Rencananya pembukaan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Hal ini dikatakan Kepala Sekolah Legislatif NasDem Nining Indra Saleh di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). “Presiden pada kesempatan sekolah legislatif ini akan memberikan kuliah umum,” kata Nining Indra Saleh.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan sekolah legislatif sengaja digelar untuk membekali para anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Sekolah legislatif merupakan bentuk komitmen NasDem meningkatkan kualitas legislatornya di Parlemen.

“Agar fungsi-fungsi ketatanegaraan yang diatur UU MD3 (Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD bisa dilaksanakan dengan benar oleh politikus NasDem,” kata Johnny.

NasDem akan menghadirkan sejumlah pemateri berlatar belakang profesor dan guru besar. Ada juga pemateri dari anggota Kabinet Kerja dan internal NasDem.

Tiga materi yang menjadi fokus pembekalan anggota DPR terpilih NasDem ialah tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota dewan. Materi ini mendapat perhatian khusus dengan porsi 50 persen.

NasDem juga akan memberikan materi terkait institusional partai dengan bobot 20 persen. Sisanya, NasDem memberikan pembelalan terkait nasionalisme dan pembangunan karakter.

“Semuanya dilakukan untuk memastikan DPR dan DPRD NasDem bisa menerjemahkan secara konkrit visi Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo,” ungkap Johnny.

Sekolah legislatif akan diikuti seluruh anggota DPR terpilih dari NasDem. Pada Pemilu Legislatif 2019, NasDem dipastikan meraih 59 kursi di Parlemen.

Setelah itu, NasDem juga akan memberikan sekolah legislatif untuk anggota DPRD terpilih mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Sekolah legislatif untuk DPRD ini dilakukan per provinsi.

NasDem tercatat meraih total 185 kursi untuk DPRD tingkat provinsi. Sedangkan ada 1.629 anggota DPRD terpilih untuk tingkat kabupaten/kota.

Total legislator NasDem yang duduk di Parlemen pusat hingga daerah sebanyak 1.873 kursi. Jumlah ini masih mungkin bertambah sebab masih ada proses gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Legislatif 2019 yang masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). (RN)