Jumpa pers rencana gala premiere film "Bebas" di Jakarta, Rabu (18/9/2019)

Jakarta, innews.co.id – Mengadaptasi dari film box office Korea berjudul “Sunny”, yang sukses meraup lebih dari 7 juta penonton pada 2011, sutradara dan produser film papan atas Riri Riza dan Mira Lesmana, menukangi film “Bebas”.

Rencananya, film ini akan dirilis pada gala premiere, 19 September 2019, dan diikuti oleh perilisan di bioskop pada 3 Oktober 2019 mendatang.

Para pemeran pendukung film “Bebas”

Dalam jumpa pers, di Jakarta Rabu (18/9/2019),disampaikan bahwa film “Bebas” merupakan hasil kolaborasi manis antara Ideosource Entertainment Group (IDEO), entitas anak dari PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), dengan Miles Films dan CJ Entertainment.

Andi Boediman, CEO dari IDEO, menjelaskan, “Mengikuti kesuksesan dari film ‘Gundala’ (yang mencapai lebih dari 1,5 juta penonton dalam waktu 14 hari dari perilisannya di bioskop), ‘Bebas’ diperkirakan akan membuat rekor yang sama, dikarenakan film tersebut akan menarik generasi 90-an dan millennial”.

Andi menjelaskan, 5 Juli 2019, teaser trailer dari “Bebas” dirilis dan mendapatkan antusias yang tinggi dari penikmat film Indonesia, dengan meraih 1,2 juta penonton di YouTube, dan masuk pada 5 besar top trending topic di Twitter.

Diyakini, film ini mengikuti keberhasilan film-film pemecah rekor sebelumnya, “Laskar Pelangi” dan “Ada Apa Dengan Cinta (AADC)”.

Suasana jumpa pers di Jakarta Rabu (18/9/2019)

“Laskar Pelangi”, yang dirilis 2018, telah ditonton oleh 4,7 juta penonton Indonesia dan berhasil meraup penjualan tiket kotor yang diperkirakan mencapai Rp61,3 miliar. Sementara itu, AADC 2 yang dirilis pada tahun 2016, berhasil menarik penonton sebanyak 3,7 juta dan diperkirakan meraup Rp109,9 miliar dari penjualan tiket kotor. Film tersebut meraih gelar sebagai “film Indonesia terlaris tahun 2016”, seperti yang dilaporkan oleh Film Indonesia.

Dalam sinopsis yang diterima innews, Rabu (18/9/2019) diterangkan, film ini berkisah tentang Remaja SMA Vina (Maizura) yang pindah dari kota kecil di Jawa Barat ke SMA bergengsi di Jakarta.

Hari pertama di kelas, Vina diejek oleh teman-teman sekolahnya karena logatnya yang aneh dan juga diintimidasi dari salah satu cowok di sekolah. Beruntungnya, dia ditolong oleh geng “Bebas”; Kris (Sheryl Sheinafia) pemimpin dari Geng “Bebas”, Jessica (Agatha Pricilla), perempuan yang lucu yang terobsesi dengan kecantikan; Gina (Zulfa Maharani), yang paling berani dan paling kaya di geng tersebut; ada Suci (Lutesha) yang cantik dan misterius; dan Jojo (Baskara Mahendra), satu-satunya pria dalam geng tersebut. Vina segera diterima menjadi anggota dari “Bebas”. Kebersamaan mereka tiba-tiba hancur karena peristiwa tragis yang menyebabkan keenamnya terpisah.

Serangkaian peristiwa di masa remaja mereka terungkap ketika Vina (Marsha Timothy) yang telah dewasa, secara tidak sengaja bertemu dengan Kris (Susan Bachtiar), yang menjadi pasien di rumah sakit. Kris yang sedang menderita kondisi yang mengancam jiwa, mendesak Vina untuk mengumpulkan anggota geng “Bebas”, sehingga dia bisa bertemu dengan mereka semua untuk terakhir kalinya. Pertualangan Vina untuk mencari teman-temannya satu persatu – Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia) dan Suci yang misterius – menggambarkan cerita geng “Bebas”, yang membuat mereka sadar bahwa kehidupan sebagai orang dewasa telah menyebabkan mereka melupakan identitas mereka yang sebenarnya.

Cerita unik, lucu dan menyentuh, yang menggambarkan dua era dalam satu film, “Bebas” pastinya akan menginspirasi perasaan nostalgia untuk cinta, patah hati, dan persahabatan abadi. (RN)