Perayaan Natal Rakyat 2019 dan Doa Lintas Agama Tahun Baru 2020. Ketua Panitia dari Khonghucu, Soelianto Rusli (Ahie) (paling kanan)

Jakarta, innews.co.id – Aura persatuan begitu kental dalam Doa Bersama Lintas Agama yang diprakarsai oleh Komunitas Relawan Bersama di bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (11/01/2020) siang.

Puluhan relawan berbeda keyakinan menghadiri acara yang diisi dengan Perayaan Natal Rakyat dan Doa Tahun Baru lintas agama tersebut. Lantunan lagu dinyanyikan membaluti doa-doa dari para tokoh lintas agama.

Para tokoh lintas agama yang diundang pada Perayaan Natal Rakyat dan Doa Lintas Iman

Pada kesempatan itu, Relawan Bersama juga mengundang 110 anak yatim dari empat yayasan dan komunitas tuna rungu, serta komunitas relawan. Setiap anak mendapat bingkisan dari panitia.

Menurut Sulianto Rusli Ketua Panitia Pelaksana yang beragama Khonghucu, “Kami mengusung keberagaman. Indonesia harus satu, kita rajut keberagaman. Terbukti, misalnya saya menganut kepercayaan Khonghucu dipilih menjadi ketua panitia, tapi yang Muslim juga kita libatkan sebagai panitia”.

Ahie (Ketua Panitia) bersama Js. Liem Liliany Lontoh, SE., M.Ag., Ketua Matakin Provinsi DKI Jakarta

Pria yang akrab disapa Ahie ini berharap doa lintas agama ini sebagai pemersatu. “Kita sepakat, bangsa ini terdiri dari banyak suku, agama, kepercayaan yang menjadi satu di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu, menjaga toleransi dengan umat agama lain yang hidup di bumi Indonesia sangatlah penting,” imbuh Ahie.

Para relawan bertekad memperkuat toleransi. Salah satu tujuan acara ini ingin menyuarakan persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun, bersatu, dan menepis intoleransi.

Js. Liem Liliany Lontoh menaikkan doa mewakili agama Khonghucu

Ahie juga mengimbau semua pihak agar terus memupuk kedamaian di tengah masyarakat. Dia mengatakan, melalui acara ini kentara bahwa masih ada kehidupan masyarakat di Indonesia yang mampu saling menghargai dan tidak dibatasi oleh perbedaan satu sama lain. (RN)