Jakarta, innews.co.id – Harmonisasi menjadi bagian yang harus terus diupayakan, dipelihara, serta diciptakan dalam kehidupan di tengah pelbagai perbedaan.

Memahami akan pentingnya kerukunan, calon legislatif DPRD DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) daerah pemilihan 8 yang meliputi Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, Tebet, dan Mampang Prapatan, nomor urut 1 August Hamonangan, SH., MH., menggelar Syukuran Tahun Baru lintas agama di bilangan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019) lalu.

Hadir sejumlah tokoh lintas agama di wilayah DKI Jakarta selain kerabat, para ibu-ibu serta warga masyarakat. Acara berlangsung sederhana, namun memiliki nilai kebersamaan yang luar biasa.

Dukungan luar biasa mengalir

Bagi August, pertemuan ini menjadi bukti masih kokohnya kerukunan umat beragama di Jakarta. Acara ini sendiri dilakukan di kediaman Thomas Septory, salah satu tokoh Kristen.

“Saya bangga melihat kita semua yang berasal dari berbagai agama bisa berkumpul bersama. Ini menjadi contoh bahwa meski berbeda tetap dapat hidup berdampingan, rukun damai dan saling menghargai satu sama lain,” kata August.

Makan bersama penuh persaudaraan

August juga berpesan agar situasi tersebut tetap dijaga. Toleransi beragama harus dikedepankan dalam kehidupan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Pada kesempatan itu juga August menyampaikan bahwa korupsi termasuk pungli (pungutan liar) harus ditolak dan dibasmi karena sudah terbukti kejahatan korupsi menghambat program kesejahteraan rakyat serta menyengsarakan kehidupan masyarakat.

Menurutnya ini sesuai dengan motto PSI: anti korupsi dan anti intoleransi.

August Hamonangan memberikan sambutan

Disampaikan pula visi menjadikan Jakarta MAnTAP (makin maju, aman tanpa pungli) dan misi MANJUR (mandiri dan jujur) yakni, menjadikan warga Jakarta mandiri khususnya bidang ekonomi. walaupun ada bantuan dari Pemprov DKI Jakarta.

Demikian juga aparat Pemprov DKI Jakarta harus jujur. Artinya, berperilaku santun dan adil terhadap semua kalangan sebagai pelayan masyarakat.

August menekankan bahwa wilayah Pancoran dan sekitarnya harus menjadi barometer Jakarta sebagai Kota Toleran. Karena itu, keberlangsungan ibadah tiap agama harus dijamin.

Masyarakat komitmen dukung August Hamonangan

Selain itu, August yang juga dikenal sebagai Pengacara Rakyat dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Wiraswasta Indonesia (UWI) menyatakan siap memberikan bantuan hukum gratis dan membantu pendaftaran perkuliahan bagi Bapak/Ibu yang mungkin baik saudara atau anaknya yang berminat. (RN)