Jakarta, innews.co.id – Politik tidak melulu bicara tentang kekuasaan, namun di dalamnya ada makna hakiki dari hidup yakni, melayani sesama.

Mungkin bisa dihitung dengan jari, politisi yang benar-benar membaktikan dirinya untuk melayani sesama.

Tak heran, banyak politisi yang terjerembab, malah menjadi pemakai rompi orange alias dibekuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran kedapatan korupsi.

Bangsa ini butuh orang-orang yang benar-benar mau mendarmabaktikan hidupnya kepada masyarakat luas melalui jalur politik.

Salah satunya seperti yang diikrarkan Susana Suryani Sarumaha, calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta, bahwa Indonesia butuh politisi yang bersih dan sungguh-sungguh melayani rakyat.

Ketika ditanya apa yang memotivasi dirinya ikut dalam kontestasi Pemilihan Legislatif 2019, dengan lugas Susan–sapaan akrabnya mengatakan, “Sebagai warga negara Indonesia saya merasa terpanggil untuk terlibat dalam tugas pembangunan melalui jalur DPD”.

Susan meyakini, melalui DPD ia dapat memberi kontribusi pengabdian melalui pemikiran dan tindakan konkrit kepada negara.

Kok tidak lewat parpol saja? “Saya memilih masuk melalui jalur perseorangan (DPD) karena selama ini saya terlibat dalam organisasi non partai yakni, Dharma Wanita Persatuan. Dan organisasi ini termasuk salah satu lembaga yang memotivasi saya untuk menjadi calon DPD,” jelas istri tercinta dari Eusabius Binsasi yang juga Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI ini.

Bicara wilayah DKI Jakarta, menurut Susan, sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta tentu mengalami perubahan dan pertumbuhan dari waktu ke waktu, baik aspek ekonomi, politik, parawisata, kebudayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM), dan sebagainya.

“Akan tetapi, DKI Jakarta yang adalah Indonesia mini, segala pertumbuhan dan perkembangan di Indonesia akan menjadikan Jakarta sebagai tolok ukur. Dengan demikian dapat saya katakan bahwa lertumbuhan Jakarta sangat dinamis mengikuti gejolak pertumbuhan nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Mencermati hal demikian, menurut Susan, sebagai wakil rakyat, nantinya ia tentu akan mengawal dan memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang pro rakyat.

“Sudah menjadi komitmen saya bekerja untuk masyarakat Jakarta. Amanah yang diberikan pada saya tentu harus dirawat dengan sebaik-baiknya,” ujar wanita cantik, ibunda dari 6 anak ini.

Bila selama ini peran senator asal DKI Jakarta di DPD RI kurang terlihat, maka hal sebaliknya akan dilakukan oleh Susan. “Komitmen saya berjuang untuk dan bersama warga Jakarta tanpa terkecuali,” ucapnya tuntas. (RN)