DKI Jakarta mencari wagub

Jakarta, innews.co.id – Ditengah merebaknya wabah Covid-19, Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur DKI Jakarta bersikeras menggelar pemilihan wagub DKI Jakarta. Padahal, seperti kata Gubernur DKI Anies Baswedan, Jakarta sudah menjadi epicenter penyebaran virus corona.

Menurut Wakil Ketua Panlih Wagub, Basri Basco mengatakan, pemilihan wagub DKI bakal digelar pada Jumat (27/3/2020). “Ya, Jumat besok diadakan pemilihan (wagub DKI Jakarta) pukul 13.00 WIB,” ucap Basri, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, itu menjadi kemauan Fraksi DPRD DKI. Ditambah lagi dalam kondisi wabah corona, mendesak Anies perlu wakil untuk kerja bareng mengatasinya.

“Jadi mayoritas fraksi minta ke pimpinan soal pemilihan, pimpinan menyampaikan ke panlih, dengan situasi seperti ini gubernur perlu pendamping,” ujarnya.

Dikatakannya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi sudah menyetujui pelaksanaan pemilihan wagub DKI tersebut.

“Sudah ada (surat keputusan dari ketua DPRD DKI). Kita mau Bamuskan hari Kamis, pagi jam 10. Awalnya Kamis pemilihan, tapi minta diundur ke Jumat,” tambahnya.

Untuk pelaksanaannya, tetap dilakukan di dalam rapat paripurna pemilihan Wagub. Hanya saja dalam rapat itu tamunya dibatasi tak boleh lebih dari 200 orang. Padahal, pada Jumat (20/3/2020) lalu, DPRD memutuskan menunda pemilihan wagub.

Sementara itu, dalam surat edarannya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, pemilihan ditunda untuk sementara waktu karena semakin melonjaknya jumlah pasien corona.

Dua nama telah diusung Partai Gerindra dan PKS sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno kepada DPRD DKI Jakarta yakni, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria dan politisi PKS Nurmansjah Lubis. (RN)