Jakarta, innews.co.id – Peran signifikan yang selama ini dijalankan Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam menjembatani aspirasi daerah-daerah ke tingkat pusat diakui dengan diberikannya penghargaan dari Women’s Obsession Award 2018 sebagai Best Achievers in Legislators and Senators.

Bagi Darmayanti, tugasnya sebagai senator tak lain adalah wilayah pengabdian. Saat dihubungi innews, Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, kelahiran Binjai, 6 Mei 1951 ini, dengan terbuka menjelaskan posisi dan kinerjanya sebagai senator langsung dari Medan, beberapa waktu lalu.

“Saya selalu berusaha menjalankan hal-hal positif yang menjadi peran/fungsi seorang senator. Capaian-capaian tentunya berkaitan erat dengan Visi-Misi awal menjadi senator, terutama memperjuangkan aspirasi perempuan, anak, dan kelompok marjinal serta memperjuangkan aspirasi Daerah ke tingkat Pusat,” jelas Darmayanti.

Karena itu, penghargaan yang ia raih justru sebagai pemicu untuk dapat lebih meningkatkan prestasi terkait kinerja.

Jika selama ini DPD kerap disoroti dalam hal kinerjanya, menurut Darmayanti, “Kalau kinerja DPD belum maksimal, tentunya tidak terlepas dari usianya yang baru 3 periode. Perlu peningkatan kinerja dalam setiap aspek peran dan fungsinya”.

Ditambahkannya, independensi keanggotaan bisa menjadi modal dasar untuk meningkatkan kinerja yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat daerah, bangsa, dan negara.

“Tentunya kita semua berharap, ke depan, kinerja DPD RI semakin maju dalam menjembatani aspirasi daerah ke tingkat Pusat,” imbuhnya. (RN)