Jakarta, innews.co.id – Pelaksanaan debat calon Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) berjalan lancar di Grand Paragon, Jakarta, Jumat, (25/5).

Meski hanya dihadiri oleh tiga orang caketum, yakni Firdhonal, SH., Julius Purnawan, SH., M.Si., dan Otty Hari Chandra Ubayani, SH., S.pN., MH., namun semuanya berjalan dengan baik. Satu calon lagi Dr. Hapendi Harahap, SH., S.pN., MH., berhalangan hadir.

Debat tersebut juga diikuti sejumlah simpatisan para caketum. Dilihat dari yang hadir, nampaknya simpatisan caketum Otty Ubayani yang terbanyak hadir. Mereka terus meneriakkan yel-yel yang bergemuruh. Sementara pendukung Julius pun nampak cukup banyak dengan kerap bersuara lantang. Hanya pendukung Firdhonal yang nyaris tak terdengar.

Para caketum diminta memaparkan visi-misi sebelum moderator membawa para caketum masuk pada sesi saling tanya-jawab di antara sesama caketum. Kemampuan dari ketiga calon ini nampaknya mumpuni.

Usai acara, Dr. Syafran Sofyan, SH., MH., Ketua Umum PP IPPAT periode 2015-2018 mengatakan, “Acara ini bagus dan para anggota PPAT bisa lebih mengenal caketum yang akan didukungnya”.

Lanjut Syafran mengatakan, ini debat pertama kali yang diadakan secara resmi oleh Panitia Kongres.

Ke depan, akan diadakan debat kembali. Hanya saja, menurut Syafran, untuk debat selanjutnya harus lebih tajam.

“Saat ini, jawaban dari para caketum masih bersifat umum. Harusnya lebih spesifik dan tajam. Kalau memang ada caketum yang menjawab umum, harus segera dicut oleh penanya,” cetusnya.

Meski begitu, secara umum Syafran menilai acara berjalan dengan  baik. Tentu debat selanjutnya diharapkan bisa lebih baik lagi. (RN)