Para pengurus Pamas bersama Penasihat dan Pembina di acara Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus Pamad

Jakarta, innews.co.id – Lahirnya Persatuan Artis Manurung Sipoli-Polin (Pamas) diharapkan tidak saja mampu mengangkat keberadaan seni dan budaya masyarakat Batak pada umumnya, tapi juga dapat menjadi perekat bangsa. Sebab, seni adalah sesuatu yang universal sifatnya.

Harapan besar ini disampaikan Edison Manurung, SH., MM., Penasihat Pamas sekaligus Ketua Umum Komite Danau Toba (KDT) di sela-sela Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus Pamas di Golden Leaf, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (29/11/2019) malam.

Para pengurus Pamas usai dikukuhkan

Tidak bisa dipungkiri, kara Edison, banyak pelaku seni dan artis di komunitas Manurung sedunia. Hal inilah yang mendorong dipandang penting membentuk wadah ini. Melalui wadah ini nanti, para pekerja seni dapat merilis karya-karyanya.

Edison menambahkan, dunia seni berpotensi besar menambah pemasukan negara lewat pajak yang dibayar dari royalti.

Pembina Pamas Mayor Inf Reinhar Manurung memberikan Pataka PAMAS ke Ketua PAMAS Fendi Manurung disaksikan Penasihat Pamas Edison Manurung dan Ir Darsono Manurung usai di lantik

Selain itu, Pamas juga akan bergandengan tangan dengan KDT dalam rangka mendukung pelestarian Danau Toba, khususnya dari sisi budaya. “Pasti, KDT akan mendorong Pamas untuk ikut serta dalam mendukung mendunianya budaya Batak,” imbuh Edison.

Pada kesempatan itu dikukuhkan pengurus Pamas yang dinakhodai oleh Fendi Manurung. Sementara sebagai Pembina Mayor Inf Reinhard Manurung dan Roni Manurung serta Penasihat Edison Manurung SH., MM., dan Ir. Darsono Manurung.

Ketum KDT Edison Manurung bersama Nyonya, Ir. Darsono Manurung, dan Torang Manurung

Lebih jauh Edison berharap marga-marga lain dapat melakukan hal yang sama dengan membentuk suatu wadah organisasi untuk para artis penyanyi marganya. Sehingga suatu ketika kelak dapat diadakan perlombaan berupa festival lagu group vocal antar marga dalam rangka mengali potensi dan bakat penyanyi orang Batak.

Tampil meramaikan pengukuhan pengurus tersebut, para artis dengan berbagai lagu Batak diantaranya, Trio Tiga Dara dengan lagu “Holong Ni Damang”. Group Namarito dengan “Dia Do Boncir Na”. Eva Manurung dengan “Asom Na Diloloki”. Gerhana Trio dengan “Gogo Ni Tangiang”. Quartet Manurung Brother dengan “Horas Bangso Batak”. Duet Tonggo and James dengan “Atik”. Elvita Manurung Pianis Cilik dengan “Soinatina”, dan Trio Evaez dengan “Boruku”.

Ikut tampil pada acara hiburan antara lain Rama Manurung, Gerhana Trio, Santi Manurung, Evaez Trio, Tiga Dara Trio, Eva Manurung, Namarito Group, Juli Manurung, Manurung Brother, dan Ezera. (RN)