Jakarta, innews.co.id – Syal motif abstrak dari Kalimantan Utara diborong oleh atlit Kazakhstan saat mengunjungi Gedung Smesco Indonesia, Selasa (28/8).

Aslanbek Shymbergenov yang didampingi officialnya membeli syal sebagai oleh-oleh untuk istri dan anaknya. Aslanbek membeli 5 buah syal seharga Rp825 ribu. Menurutnya, kain syal ini sangat bagus dan unik. “Kami berharap istri saya senang. “Kami berjanji akan datang lagi kesini (Smesco),” kata dia saat meninggalkan Smesco.

Selang 10 menit kemudian, dua atlet asal Iran bernama Torest dan Robert juga bertandang ke Smesco Indonesia.

Di tempat itu, Torest berhasil mendapatkan barang yang diinginkan yakni Cukli Barong atau Topeng Barong yang terbaut dari keramik buatan UKM Bali. Dia juga memborong kopi Aceh merek Ulee Kareng Robusta. Untuk membeli dua barang tersebut Torest mengeluarkan uang sebesar Rp4,18 juta.

Torest mengaku senang mengoleksi barang-barang antik. Karena itu, dalam kunjungan ke Indonesia ini, dia juga akan menyempatkan diri untuk mencari barang-barang antik. Dia juga berjanji akan datang lagi ke Smesco sebelum pulang ke Iran.

“Kami senang bisa ke Indonesia dan berkunjung ke sini (Smesco). Orang Indonesia ramah-ramah dan budayanya sangat bagus,” pungkasnya. (RN)