Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi membuka kongres ke-31 dan Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) ke-30 Pimpinan Pusat Penghimpunan Mahasiswa Republik Indonesia (PP PMKRI) di Gedung Serbaguna St Fransiskus Xaverius, Ambon, Kamis (6/2/2020)

Ambon, innews.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali secara resmi membuka kongres ke-31 dan Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) ke-30 Pimpinan Pusat Penghimpunan Mahasiswa Republik Indonesia (PP PMKRI) di Gedung Serbaguna St Fransiskus Xaverius, Ambon, Kamis (6/2/2020).

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Menpora, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, dan Ketua Presidium PMKRI Juventus Prima Yoris Kago.

Zainudin dalam sambutannya mengajak PMKRI terus merawat kebhinekaan sebagai organisasi wadah mahasiswa dan anak muda yang sudah lama berdiri sejak tahun 1947.

“PMKRI merupakan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang sudah lama. Maka, selain integritas yang harus dipertahankan, mereka harus menjaga ideologi Pancasila, merawat kebhinekaan, dan keanekaragaman Indonesia sebagai tugas utamanya,” kata Menpora.

Terkait tema yang diusung, pentingnya menjaga komitmen kebangsaan dan solidaritas di era globalisasi khususnya industri 4.0, menurut Zainudin, ini menjadi tantangan yang mesti dilalui dengan persatuan seluruh pengurus dan anggota organisasi.

Kongres ini diikuti oleh 500 peserta dari 73 cabang PMKRI di Indonesia. (RN)