Jakarta, innews.co.id – Dalam waktu kurang dari 3 bulan, kepengurusan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) periode 2018-2021 telah terbentuk.

Pasca terpilih Desember 2018, Ashoya Ratam, SH., M.Kn., Ketua Umum Iluni FHUI langsung bergerak cepat membentuk kabinet kerja yang dilantik di Auditorium Djoko Soetono, Kampus UI, Depok, Sabtu (9/2/2019) pagi.

Tampak hadir sejumlah tamu penting di antaranya Gayus Lumbuun, Mochtar Arifin, Parulian Aritonang (Wakil Dekan FHUI), Fikri Assegaf, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Arif Budi Hardono, Ketua Umum Ikatan Alumni UI mengatakan, saat ini Iluni FHUI sangat aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan Iluni UI yang pada periode 2016-2019 sudah mencapai 300 kegiatan.

Ashoya Ratam Ketua Umum Iluni FHUI memberikan sambutan di acara Pelantikan Pengurus ILUNI FHUI, di Fakultas Hukum UI, Depok, Sabtu (9/2/2019)

Arif berharap, dengan terpilihnya ketua baru Iluni FHUI, maka akan terjalin kerjasama yang semakin erat. “Kiranya Iluni FHUI bisa mengkoneksikan seluruh alumni yang telah ada di banyak stakeholders. Sebab, zaman sekarang ini, konektifitas menjadi salah satu kunci kemajuan,” tuturnya.

Sementara itu, Parulian Aritonang membeberkan bahwa hingga kini Fakultas Hukum UI tetap menjadi yang terbaik di Indonesia. “Kami berharap pengurus baru bisa bersinergi dengan baik sehingga melakukan karya-karya positif bagi kemajuan almamater FHUI,” katanya.

Foto bersama Pengurus Baru Iluni FHUI bersama seluruh tamu dan undangan

Ashoya Ratam Ketua Umum Iluni FHUI periode 2018-2021 dalam sambutannya menekankan akan pentingnya pencapaian visi besar yang telah dicanangkan yakni, menjadikan ILUNI FHUI sebagai (i) mitra strategis untuk penyatuan sumber daya dari berbagai profesi, (ii) sarana penghubung antar alumni, serta (iii) media peningkatan kualitas alumni dan calon alumni, guna menjayakan anggota, almamater & Indonesia.

“Hari ini, amanat besar resmi diletakkan di pundak kita semua. Sebuah amanat yang harus dipertanggungjawabkan. Hari ini adalah penanda awal perjuangan dalam menghadirkan kebaikan, manfaat, dan kontribusi yang diharapkan oleh keluarga besar Iluni FHUI kepada kita semua sebagaimana terangkum dalam Misi untuk Mengajak seluruh alumni untuk terus mengabdi dan ikut memajukan kualitas civitas akademika FHUI yang berintegritas dan profesional, dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila, memperluas kemitraan dan menyatukan potensi membangun almamater yang kita cintai, dan mempertahankan kejayaan FHUI melalui sumbangsih pemikiran dan kontribusi yang nyata yang terangkum dalam tagline Terus Mengabdi, Konektivitas dan Berjaya,” papar Ashoya.

Wanita cantik yang juga seorang Notaris/PPAT ini juga mengajak semua pihak bergandengan tangan untuk memajukan almamater. “Mari kita rajut potensi. Mari kita kumpulkan energi yang terserak menjadi energi untuk membangun
kepedulian alumni terhadap almamater yang kita cintai ini secara bersama sama,” serunya lantang.

Kepengurusan Iluni FHUI nemiliki 7 bidang kerja dengan 16 rencana kerja. Beberapa bagian bahkan sudah mulai berjalan sebelum acara pelantikan ini berlangsung. Hal ini, kata Ashoya, menandakan keseriusan kita bersama untuk dapat mengefektifkan waktu yang tersedia, agar amanah ini tidak sia-sia.

“Yang perlu kita bangun ke depan adalah konsistensi dan ketulusan dari niat kita dalam melaksanakan tugas mulia ini secara bersama-sama, ditengah kesibukan dan aktifitas pekerjaan utama kita sehari-hari,” ajaknya.

Selain itu, Ashoya meminta para pengurus mengoptimalkan komunikasi agar kepedulian itu bisa menyentuh secara maksimal kepada individu-individu keluarga besar alumni FHUI.

Semua itu, tambahnya, dimulai dari meruntuhkan sekat-sekat yang menjadi penghalang. “Mari kita hadirkan kepengurusan Iluni FHUI yang bersatu bagi semua karena ruang interaksi terbuka bagi semuanya,” tandas Ashoya.

Dengan penuh kesungguhan, Ashoya mengajak seluruh pengurus untuk menjadikan Iluni FHUI sebagai sebuah gerakan pembangunan organisasi ke depan, bukan sekadar administrator bagi Iluni FHUI. “Saling setia dan saling mendukung satu sama lain. Inilah Iluni FHUI yang akan kita bangun bersama-sama 3 tahun ke depan,” imbuhnya. (RN)