Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum KOWANI menerima penghargaan bakti sepanjang masa dalam Ormas Award 2019 yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (25/11/2019)

Jakarta, innews.co.id – Perjalanan panjang yang diiringi dengan pengabdian tak putus dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) selama ini diganjar penghargaan bersejarah oleh Kementerian Dalam Negeri.

Tidak tanggung-tanggung, organisasi federasi perempuan yang mewadahi 91 wadah perempuan di seantero Tanah Air dan beranggotakan lebih dari 70 juta orang ini dianugerahi penghargaan bakti sepanjang masa untuk Indonesia, yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam acara Ormas Award 2019, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Dengan rasa bangga dan mata berkaca-kaca penuh haru, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum Kowani menerima penghargaan sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kiprah Kowani di bangsa ini.

Kowani buktikan kinerja dengan penghargaan bakti sepanjang masa

“Saya sangat terharu menerima penghargaan ini. Ini merupakan bentuk pengakuan terhadap apa yang sudah diperbuat Kowani selama ini, khususnya untuk perempuan Indonesia,” ujar Giwo saat ditemui usai menerima penghargaan yang membanggakan tersebut.

Kedepan, lanjut Giwo, tentu Kowani akan lebih banyak berbuat lagi untuk bangsa dan negara. “Kowani hadir sebagai bentuk perjuangan kaum perempuan sebagai Ibu Bangsa. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi terutama bagaimana menciptakan generasi-generasi bangsa yang unggul,” imbuh Giwo.

Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan segenap Pengurus Kowani

Momentum Kongres Kowani yang akan diadakan 3-4 Desember 2019 ini diharapkan bisa memberi arah yang lebih jelas bagi perjuangan Kowani kedepannya.

Sementara itu, Tito Karnavian dalam keterangannya mengatakan, “Pemberian penghargaan ini saya anggap penting, karena kita tahu peran ormas dalam kehidupan berbangsa dan negara, sering kali tidak banyak yang memahami posisi dan peran sentralnya”.

Menurut Tito, salah satu peran penting ormas adalah sebagai penyeimbang agar tidak terjadi dominasi oleh negara.

Penganugerahan penghargaan bakti sepanjang masa kepada Kowani

“Kami harapkan ormas mampu menjadi penyeimbang, mampu memberikan kritikan pada pemerintah. Pemerintah tidak boleh alergi pada dengan selama kritik itu membangun,” kata Tito.

Selain itu lanjut dia, ormas diharapkan bisa berinovasi dan berimprovisasi dalam rangka berkolaborasi dengan pemerintah.

“Kolaborasi positif, dengan tidak bermaksud memberikan permisif kepada praktek penyelenggaraan pemerintah oleh state yang kurang bagus. Daya kritis tetap ada tapi melakukan kolaborasi yang positif,” terangnya.

Ini daftar lengkap ormas yang menerima penghargaan dari Kemendagri:

Bidang pendidikan: Selamat Pagi Indonesia

Bidang pemberdayaan perempuan: Perkumpulan Kapal Perempuan

Bidang tata kelola pemerintahan: Perludem

Bidang penanggulangan bencana: Yayasan IDEP

Bidang kebudayaan: Yayasan Kebudayaan Rancage

Bidang kesehatan: Yayasan Thalassemia Indonesia

Bidang lingkungan hidup: Yayasan Pendidikan Konservasi Alam

Bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat: Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra

Kategori khusus bakti sepanjang masa untuk Indonesia: Mathla’ul Anwar, Aisyiyah, Muslimat NU, Kongres Wanita Indonesia (Kowani)

Kategori Pemerintah Daerah Pembina Ormas

Tingkat provinsi: Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Tingkat kabupaten: Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

Tingka kota: Pemerintah Kota Palopo, Sulawesi Selatan. (RN)