Gerbang Taman Mini Indonesia Indah

Jakarta, innews.co.id – Terkait mencegah penyebaran wabah korona, hampir seluruh tempat kunjungan wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah ditutup. Tidak itu saja, fasilitas pengecekan suhu tubuh dan hand sanitizer juga disiapkan pihak TMII.

Hal ini dikatakan Drs. Tanribali Lamo, SH., Direktur Utama TMII saat dihubungi Minggu, (22/3/2020) siang. “Anjungan daerah belum seluruhnya tutup karena itu menjadi kewenangan dari masing-masing pemerintah provinsi,” jelasnya.

Drs. Tanribali Lamo, SH., Direktur Utama TMII

Sementara itu, meski masih ada penyelenggaraan resepsi pernikahan, Tanribali menjelaskan bahwa itu masih dimungkinkan sesuai Surat Edaran Gubernur DKI dan Instruksi Kapolri.

Penyelenggaraan acara di TMII, kata Tanribali, berada dalam pengawasan ketat dari pihak pengelola.

Untuk tempat hiburan dipastikan sudah ditutup dan tidak ada aktifitas lagi. Sementara itu, sebagian karyawan masih bekerja sesuai tugasnya, seperti bagian keamanan, pemeliharaan satwa, dan kebersihan. Mengenai waktu kerja, disesuaikan dengan himbauan dari Gubernur DKI.

Ditutupnya berbagai tempat di TMII, tentu berdampak pada menurunnya pendapatan. Namun, sejauh ini taksiran kerugian masih dalam perhitungan. “Sekarang kami masih konsentrasi pada langkah-langkah yang perlu diambil sesuai himbauan pemerintah,” jelas Tanribali.

Ditegaskan, prinsipnya TMII mendukung penuh penanganan covid 19 secara optimal. Salah satu bentuk dukungan adalah memberikan toilet portable bagi RS Ridwan Meuraksa. “TMII memberikan dukungan toilet portable bagi RS Ridwan Meuraksa yang ditujuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan virus korona,” pungkas Tanribali. (RN)