Edison Manurung tengah berbincang dengan Ketua Basarnas

Samosir, innews.co.id – Upaya pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba terus diupayakan oleh Basarnas. Staf Khusus Ketua DPD RI Edison Manurung, SH., MM., turut serta memantau langsung situasi dan ikut mencari korban.

Dalam perbincangannya langsung dari Samosir, Sabtu, (23/6), Edison menyampaikan bahwa selama ini Basarnas telah mengupayakan pencarian korban dan kapal yang karam dengan menggunakan peralatan yangbisa mendeteksi sampai kedalaman 600 meter. Namun, pada Sabtu, (23/6), mulai digunakan alat pendeteksi sampai kedalaman 2.000 meter.

“Kita apresiasi upaya Basarnas dan tim lainnya untuk bisa segera menemukan para korban dan kapal yang tenggelam,” kata Edison yang juga mantan Ketua DPP KNPI ini.

Tidak itu saja, Edison telah berbicara langsung dengan Ketua Basarnas Marsekal Madya M. Syaugi mengenai pemetaan lokasi pencarian yang akan diperluas.

Selain itu, Edison juga menyampaikan, bahwa sudah selayaknya Basarnas membuka kantor perwakilan di Samosir sebab di sekitar Danau Toba ada 8 kabupaten/kota yang tentunya menjadi lingkup kerja Basarnas. “Jadi, pembuatan kantor perwakilan Basarnas bukan di Medan, melainkan di Samosir,” ujarnya.

Edison berharap dengan dibukannya Kantor Basarnas di Samosir, maka berbagai masalah yang timbul di sekitar wilayah Danau Toba bisa segera ditangani dengan cepat. (RN)