Jakarta, innews.co.id – Masalah kebangsaan menjadi persoalan bersama. Tidak melulu pemerintah, tapi juga tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.

Sebagai wadah persatuan lintas etnis, sejumlah anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi salah satu Pembinanya Roberto Manurung menemui Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Mayjen TNI (Purn) Tanribali Lamo, SH., di ruang kerjanya yang sejuk di Kawasan TMII, Jakarta Timur, Jumat (15/3/2019) siang.

Rombongan FPK yang terdiri dari Asad Yahya, Chandra Soemardjo, Budhi Hendarto, Willy Kogoya, dan Rio Nainggolan disambut ramah oleh Tanribali.

Dialog kebangsaan FPK Jakarta Timur bersama Dirut TMII Mayjend TNI (Purn) Tanribali Lamo

Dalam diskusi tersebut dikupas berbagai persoalan bangsa, mulai dari ketegangan antar-etnis, agama, dan lain-lain.

Secara cerdas, Tanribali yang pernah 4 kali dipercaya sebagai Pelaksana Tugas Gubernur di 4 provinsi yang berbeda ini mengisahkan pengalamannya, terutama saat bertugas sebagai Plt Gubernur Papua Barat.

“Bagi saya, seorang pemimpin itu harus memahami aturan yang ada. Bukan justru melanggar aturan. Sebab, aturan itu dibuat agar kita hidup tertib,” ujar Tanribali yang dikenal sebagai sosok intelektual yang memiliki leadership yang kuat.

Tanribali Lamo, sosok leadership dan berintelektual tinggi

Ia juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat lintas etnis. Jabatannya sebagai Dirut TMII membuat dirinya kian dikenal dekat oleh para tokoh-tokoh lintas etnis.

“Seorang pemimpin harus menguasai ilmu komunikasi yang baik karena pemimpin yang dicintai rakyat adalah mereka yang bisa membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat yang dipimpinnya,” lanjut Tanribali terbuka.

Dalam diskusi yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan tersebut juga disampaikan pula rencana FPK Jakarta Timur untuk mengadakan Ikrar Kebangsaan Menuju Pemilu Serentak Tahun 2019 Dengan Aman, Damai, dan Sejuk yang rencananya akan diadakan di Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, 4 April 2019.

Tanribali menyambut baik dan mendukung acara tersebut dan berpesan agar penyelenggaraan acara tersebut menjadi momentum kebersamaan para tokoh lintas etnis bersama pemerintah daerah untuk memastikan Pemilu 2019 bisa berjalan sesuai harapan. (RN)