Yogyakarta, innews.co.id – Pelaksanaan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan kian semarak di hari kedua. Para ‘Ibu Bangsa’ tampak begitu antusias mengikuti acara demi acara.

Pantauan innews di lapangan, berbagai tema diskusi yang disajikan oleh panitia dilahap habis oleh peserta yang datang dari seluruh Indonesia.

Itu tampak dalam diskusi yang menghadirkan Basaria Panjaitan Komisioner KPK, Nila Moeloek Menteri Kesehatan, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Jumat (15/9) di Ruang Borobudur, Hotel Grand Inna, Yogyakarta.

Dalam uraiannya Basaria mengatakan, “Perempuan menjadi tiang penting dalam mengukuhkan keluarga dan generasi mudanya menjadi insan yang beretika dan tidak mau korupsi”.

Menurutnya, kalau saja perempuan-perempuan Indonesia mau sungguh-sungguh mengimplementasikan pengajaran yang baik kepada generasi muda, maka ke depan kita optimis Indonesia bisa terbebas dari korupsi.

Sementara itu, Nila Moeloek menyampaikan peran besar perempuan bukan saja merawat anak-anak, tapi juga tidak jemu-jemu mengingatkan untuk bisa hidup bersih.

“Harus benar-benar diawasi jajanan anak di sekolah. Begitu juga tempat-tempat yanh rentan tumbuh bibit penyakit harus selalu bersih,” ujar Nila mengingatkan.

Ketua Umum Kowani Dr. Giwo Rubianto Wiyogo juga mengajak perempuan Indonesia untuk menerapkan hidup sehat, bukan hanya untuk dirinya pribadi, tapi juga di rumah, lingkungan, suami dan anak-anak harus selalu hidup bersih.

“Kebersihan harus menjadi budaya hidup perempuan Indonesia. Karena kalau perempuannya sehat, maka generasi mudanya juga akan sehat,” seru Giwo.

Diingatkan juga agar sebagai Ibu Bangsa, kebersihan harus menjadi hal utama. Bersih diri, bersih hati, dan bersih nurani. (RN)