Hj. Susi Andrianis, S.Sos., S.Psi., MM., Wakil Ketua Umum II Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IWAPI

Jakarta, innews.co.id – Wajah kemajuan perempuan Indonesia terlukis jelas dalam tubuh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI). Di usianya ke-45, IWAPI telah tampil sebagai sebuah organisasi yang tidak hanya mandiri, tapi juga terus mengikuti perkembangan zaman, serta mengimplementasikan karya-karya nyata yang bermuara bagi kemaslahatan rakyat Indonesia.

Hal ini menjadi catatan positif yang disampaikan Hj. Susi Andrianis, S.Sos., S.Psi., MM., Wakil Ketua Umum II Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IWAPI kepada innews, terkait peringatan 45 tahun IWAPI di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Hj. Susi Andrianis dampingi Ketua Umum DPP IWAPI Hj. Ir. Nita Yudhi dalam acara penyerahan santunan IWAPI

Ditanya perkembangan IWAPI, dengan sigap Susi mengatakan, “Alhamdulillah, tentunya kian hari semakin maju dan selalu update serta upgrade dalam mengikuti perkembangan dunia usaha dan bisnis”. Dalam rangka 45 tahun IWAPI, tema yang diusung, “Terus Meningkatkan Peran dan Kualitas Perempuan Pengusaha Menuju Indonesia Maju”.

Menurut Susi, tema ini sejalan dengan kerinduan IWAPI untuk terus memajukan kaum wanita Indonesia. “Sudah sepatutnya saat ini wanita Indonesia bangkit dan maju, bukan saja dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tapi juga turut serta membangun, membantu, dan menciptakan kesejahteraan perekonomian keluarga. Salah satunya dengan berkiprah menjadi pengusaha yang luar biasa, diantaranya masuk kedalam organisasi seperti IWAPI. Sebab, kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan IWAPI siapa lagi,” tutur wanita cantik yang mengelola multi-bisnis ini lugas.

Para Pengurus IWAPI bersama Presiden Joko Widodo

Dari waktu ke waktu, IWAPI terus mengembangkan diri. Seperti dalam waktu dekat, IWAPI akan membuat marketplace. “Rencana ini disambut positif dari kami anggota IWAPI khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” imbuh Susi yang telah mendapatkan penghargaan ASEAN Women Entrepreneur (AWEN) di Bangkok, Thailand, tahun 2018 lalu ini.

Hal ini juga sejalan dengan motto IWAPI kedepan yakni, mari tingkatkan peran dan kualitas perempuan pengusaha menuju Indonesia Maju. Tentu ini bukan slogan semata, tetapi bukti nyata berkarya, kaya, dan bermakna.

Selain itu, kata Susi, hal-hal yang masih terus dikerjakan oleh IWAPI adalah memperluas pelatihan-pelatihan sesuai kebutuhan usaha yang berbasis digital dan komputerisasi agar sejalan dengan program pemerintah yakni, revolusi industri 4.0.

Dikatakannya, saat ini perubahan secara digital sudah masuk kedalam peningkatan dan penerapan berbasis komputerisasi di berbagai departemen yang terintegrasi antara satu dengan yang lain. Bahkan juga sampai ngeLink kepada user atau pengguna jasa perusahaan kami masing-masing. Ini menandakan ada keterbukaan yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan dalam berbisnis. Selain itu, agar bisa saling memantau giat pekerjaan untuk mengurangi tingkat komplain.

IWAPI terus melangkah maju

Kedepan, Susi berharap IWAPI bisa terus berkiprah di semua lini bisnis dan dunia usaha melalui jaringan-jaringan yang dibangun oleh nama besar IWAPI kepada segenap anggotanya. Juga kepada rekan-rekan pengurus diharapkan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan azas saling memahami. (RN)