Jakarta, innews.co.id – Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) melakukan sebuah lompatan besar dalam kepemimpinannya. Sebuah langkah yang dinilai tepat seiring perkembangan zaman.

Dalam Musyawarah Nasional (Munas) III APJI, 19-21 Februari 2019 tersebut, secara aklamasi terpilih Irwan Iden Gobel yang akrab disapa Iden Gobel, seorang muda yang punya kapabilitas serta pengalaman lebih dari 20 tahun di berbagai sektor bisnis termasuk jasa boga, sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APJI Periode 2019-2024.

Proses pemilihan yang diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta, itu berlangsung singkat. Ini lantaran kandidat ketum lainnya Ayu Mulyadi yang tak lain adalah petahana, dinyatakan tidak lolos verifikasi sesuai tata tertib calon ketua umum sesuai AD/ART APJI 2019.

Iden Gobel (keenam dari kiri), pastikan langkah Pimpin APJI lebih gemilang

Munas yang mengusung tema “APJI Mensukseskan Kuliner Halal dan Berkelanjutan” itu secara umum berlangsung sukses.

Kini, APJI yang sudah berusia 33 tahun dipimpin oleh wajah baru dari generasi milenial.

Iden Gobel merupakan sosok yang telah malang-melintang dalam bisnis makanan dan minuman selama lebih dari 20 tahun, termasuk pengalaman dalam menangani katering minyak dan gas, katering industri, dan kini memimpin katering PT Fajar Prima Kuliner yang melayani berbagai event besar berskala nasional maupun internasional.

Sejumlah program-progran unggulan telah disiapkan Iden Gobel di masa kepengurusannya. Salah satunya program pembinaan bagi para anggotanya dari DPD hingga DPC di seluruh Indonesia agar memiliki standardisasi dan kompetensi, guna meningkatkan skala usaha. Menurutnya, hal ini mutlak dibutuhkan dalam era Industri 4.0.

“Salah satu hal utama yang akan saya lakukan dalam 100 hari pertama adalah mempererat kerja sama antara APJI dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Karena bagaimanapun, APJI merupakan mitra pemerintah yang bisa bersama-sama meningkatkan perekonomian rakyat,” ujar Iden dalam rilis yang diterima innews, Sabtu (23/2/2019).

Salah satu program unggulan sekaligus terobosan gemilang Iden Gobel adalah membuat mobile apps yang bisa menjadi market place (toko digital) bagi aneka produk dan pelayanan yang disediakan para anggota APJI di seluruh Indonesia. Sebuah platform yang membuat proses jual-beli menjadi makin mudah, murah, tak berjarak, serta efektif dan efisien.

Dengan motto, “Bersama, Kita Hebat!”, Iden bertekad kuat membawa APJI tampil kian gemilang dan mampu menjawab tantangan zaman. (RN)