Jakarta, innews.co.id – Bangsa Indonesia, khususnya dunia perpolitikan kehilangan salah satu putra terbaiknya Muhammad Yamin Ketua Umum Sekretaris Nasional Jokowi yang wafat pada Sabtu, 22 Maret 2019 di Sleman, Yogyakarta.

Mendengar kabar yang mengejutkan ini, Presiden Joko Widodo didamping Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Pramono A ung, dan Sidarto Danusubroto langsung melayat ke kediaman Yamin di Jalan Pugeran, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Bagi Jokowi, Yamin merupakan sosok yang rajin. Dalam setiap acara yang diadakan oleh relawan, kata dia, Yamin selalu hadir. “Dalam setiap acara apapun,” kata dia.

Monisyah, S.Sos Ketua Seknas Jokowi Jabodetabek, terpanggil untuk meneruskan perjuangan Alm. Muhammah Yamin

Para relawan Jokowi mengaku sangat kehilangan sosok yang layak dijadikan panutan. Seperti dikatakan Monisyah, S.Sos Ketua Seknas Jokowi Jabodetabek dalam Tahlilan (Doa Bersama) untuk menghormati perjuangan Yamin yang diadakan di Rumah Aspirasi 01, Jakarta, Senin (25/3/2019) malam.

Kepada para relawan yang memadati tempat acara tahlilan, Monisyah dengan nada duka berujar, “Kita semua sangat kehilangan beliau. Suka duka telah kita lalu bersama dengan Pak H. Muhammad Yamin, terutama dalam perjuangan kita mendukung pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin”.

Sosok Yamin, bagi Monisyah adalah pemberi teladan. “Beliau terus memompa semangat kami agar giat dan gigih dalam mensosialisasikan Paslon 01 ke masyarakat. Pun beliau beberapa kali ikut turun ke masyarakat,” kenang Monisyah.

Relawan Seknas Jokowi dikenal militan

Oleh karena itu, Monisyah meminta para relawan untuk lebih bersungguh-sungguh lagi mengingat waktu Pemilihan Presiden yang sudah semakin dekat.

“Jangan kecewakan perjuangan dan apa yang sudah dirintis oleh Pak Yamin. Mari kita sama-sama berjuang agar pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa menjadi pemenang. Bila demikian, tentu Pak Yamin akan bangga pada kita semua,” seru Monisyah yang diaminkan oleh para relawan.

Jemaah tahlilan membludak

Seknas Jokowi merupakan salah satu organisasi relawan pendukung Jokowi yang telah ada sejak 2014 dan kala itu sukses mendukung Jokowi dalam pemilihan Presiden. Yamin merupakan suami dari mantan Wakil Bupati Sleman Yuni Setia Rahayu, yang juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan DIY. (RN)