Jakarta, innews.co.id – Rasa keingintahuan politisi asal Iran Fatemeh Hashemi Rafsanjani terhadap pemberdayaan perempuan di Indonesia, khususnya yang selama ini dijalankan oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani), mendorong ia secara khusus mendatangi Kantor Kowani di Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Senin (8/10).

Dalam kunjungannya, politisi dari Partai Moderasi dan Pembangunan tersebut disambut oleh Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo., M.Pd., beserta sejumlah jajarannya.

“Sebelumnya saya sudah mendengar Kowani adalah organisasi perempuan yang sangat besar di Indonesia dengan berbagai aktivitas yang dilaksanakan. Oleh karena itu, ketika saya ke Indonesia saya tertarik untuk melihat secara langsung lebih dekat dan bersilaturahmi dengan Kowani,” ungkap Fatemeh.

Putri dari Presiden keempat Republik Islam Iran, Akbar Hashemi Rafsanjani itu menilai perempuan Indonesia merupakan orang yang gigih dan tegar. Di matanya, perempuan Indonesia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Fatemeh mengaku bangka mendapat pengalaman berharga saat mengunjungi Kowani. Apalagi saat mengetahui bahwa Kowani memiliki jejaring yang luas, terutama membawahi 91 organisasi perempuan. 

“Keterkaitan antara lembaga yang satu dengan lembaga lainnya dan membawahi lembaga-lembaga itu, serta ada network yang harus dibangun. Itu barangkali bisa kita terapkan di Iran,” lanjutnya.

Sementara itu, Giwo Rubianto dalam sambutannya berharap kunjungan tersebut kian merekatkan hubungan antara Indonesia dengan Iran yang sudah berjalan baik selama ini.

Giwo Rubianto juga menerangkan bahwa perempuan di Indonesia adalah Ibu Bangsa yang punya tanggung jawab untum mencetak generasi bangsa yang memiliki spirit nasionalisme dan humanis yang tinggi. (RN)