Jakarta, innews.co.id – Selama ini Ikatan wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) terus berusaha memberikan pemahaman pentingnya penguasaan bisnis di berbagai bidang, termasuk dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dalam rangka itu IWAPI menggelar seminar yang bertajuk “Peningkatan Kapasitas Perempuan Pengusaha dalam pengadaan barang dan jasa dari Pemerintah”, di Jakarta, Rabu (28/3).

Menurut Ketua Umum IWAPI Nita Yudi, seminar ini untuk mensosialisasikan wanita Indonesia agar bisa terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dia menilai, banyaknya proyek pengadaan barang dan jasa dari pemerintah yang bisa diikuti oleh pengusaha wanita.

Nita meyakini, dalam dua tahun ke depan, pengusaha wanita Indonesia bakal bisa menguasai proyek pengadaan barang dan jasa, termasuk di sektor transportasi. “Baru pertama kali ini ada tiga yang berhasil dan menang. Ini sesuatu yang positif, wanita lebih kreatif, jadi persentasenya tiga saja sudah bisa terlihat hasilnya,” ujarnya.

Pada umumnya, kata dia, perempuan pengusaha Indonesia banyak membuka usaha di sektor kuliner dan juga kerajinan tangan. Namun, pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah meningkatkan peluang bagi para perempuan untuk menjadi pengusaha.

Dalam seminar yang digelar IWAPI tersebut dibahas mengenai modul pelatihan pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi pengusaha perempuan. Seminar ini juga meningkatkan pengetahuan anggota IWAPI dalam mengakses pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-procurement di era digital. (RN)