Dr. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Kowani siap gelar Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan dan GA ICW

Jakarta, innews.co.id – Penyelenggaraan General Assembly International Council of Women ke-35 dan Temu Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia di Yogyakarta, 13-15 September, tinggal menghitung hari. Segala persiapan sudah mencapai 100 persen. Panitia bekerja keras siang dan malam untuk memastikan seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan baik.

Ditemui di sela-sela seabreg kesibukannya, Dr. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) mengatakan, “Kowani telah siap mengadakan event akbar tersebut. Kalau pada 1928, perempuan-perempuan Indonesia dikumpulkan untuk bersama-sama mengukuhkan keberadaan Kowani, maka 90 tahun setelah itu, tepatnya 13-15 September ini, kembali perempuan-perempuan Indonesia berkumpul untuk mendeklarasikan Ibu Bangsa Sejati”.

Diakuinya, jumlah peserta terus meningkat. Karena itu, panitia menerapkan seleksi. “Ada begitu banyak organisasi perempuan di Indonesia yang berkeinginan ikut acara di Yogyakarta. Kami sungguh bahagia melihat respon yang luar biasa dari perempuan Indonesia yang rindu berkumpul bersama,” ujar Giwo sumringah.

Diperkirakan pembukaan nanti akan dihadiri sampai lebih dari 2.000 peserta dan tamu undangan yang datang dari seluruh Indonesia. “Ada keinginan besar dari perempuan Indonesia untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah strategis kaum perempuan dalam perannya sebagai Ibu Bangsa sejati, baik di tengah keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” tambahnya.

Dr. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., panitia bekerja sangat keras

Tidak hanya Temu Nasional, General Assembly ICW yang sudah berusia 130 tahun ini juga baru pertama kali diadakan di Indonesia. “Kowani mendapat dua perhelatan akbar yang memang tidak mudah, namun kami bertekad bisa mengadakan semuanya dengan baik,” ujarnya.

Selain organisasi perempuan, juga ada Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dari berbagai daerah yang akan hadir, juga BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita). Di bawah GOW dan BKOW ini juga terdapat puluhan organisasi perempuan Indonesia.

Giwo Rubianto juga mengapresiasi bantuan dari para BUMN yang membantu acara ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. “Tanpa dukungan dari kalangan BUMN, rasanya sulit juga mengadakan acara megah seperti ini,” aku Giwo.

Disampaikan pula bahwa Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana sudah konfirmasi untuk hadir sekaligus membuka acara pada 14 September.

Pada kesempatan nanti juga akan ditorehkan rekor MURI bagi Kowani sebagai penyelenggara seminar dengan peserta perempuan terbanyak di Indonesia.

Giwo berharap para peserta bisa benar-benar memanfaatkan acara ini dengan baik, bukan sekadar berlibur. “Sepulang acara ini, apa yang disampaikan bisa diaplikasikan di tengah keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Kita juga komitmen menjadi Ibu Bangsa sejati dalam menuju Indonesia Jaya,” imbuhnya.

Tidak berhenti hanya di acara ini, Giwo menjamin akan ada follow up dari acara ini, baik itu dalam bentuk diskusi maupun acara-acara lain yang mengedepankan peran signifikan perempuan dalam pembangunan. (RN)