Foto didepan Gereja HKBP Sidorame Medan KETUM IKA Dr. Djonggi Simorangkir (no.3 dari kanan) dengan para Anggota IKA NHKBP Sidorame

Jakarta, innews.co.id – Sejatinya ada kesinambungan dalam dunia pelayanan. Setelah seseorang terlibat dalam pelayanan pemuda, maka baiknya dibentuk ikatan alumni kawula muda. Seperti yang dilakukan kawula muda (naposo) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Sidorame Medan, yang sejak 5 tahun lalu, membentuk Ikatan Keluarga Alumni (IKA) NHKBP Sidorame Medan, yang dipimpin oleh Dr. Djonggi Simorangkir, SH., MH.

Koor IKA NHKBP Sidorame Medan se-Indonesia/Dunia Wilayah Medan sekitarnya saat Bona Taon, 7 Maret 2020, dengan Dirigent DR. Djonggi M. Simorangkir, SH., MH., dengan lagu berjudul “Bimbing Aku Tuhan”

Ditemui di kediamannya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Djonggi dengan terbuka mengatakan, betapa pentingnya para alumni NHKBP disatukan dalam wadah IKA NHKBP. “IKA NHKBP Sidorame Medan telah terbentuk sejak 5 tahun silam. Bahkan Ketua Umum IKA NHKBP Sidorame Medan ditabalkan oleh Sekjend HKBP Pdt. Mori Sihombing, M.Th., dalam sebuah ibadah Minggu pagi, 5 Juli 2015 silam,” urainya.

Kebaktian Minggu pagi, 8 Maret 2020, Pukul 10.00 WIB, dipimpin Pdt Ressort Pdt Victor Sihotang

Bahkan, sekitar Juli 2020 ini, kata Djonggi, IKA NHKBP Sidorame akan melakukan pemilihan Ketum dan tentunya pergantian kepengurusan. “Saya berharap akan muncul sosok mumpuni yang dapat memimpin IKA NHKBP ini lebih baik lagi kedepan,” kata suami Dr. Ida Rumindang Rajagukguk, advokat di Ibu Kota ini.

Bagi Djonggi, potensi IKA NHKBP sangatlah besar. “Kalau saja pemimpin HKBP bisa melihat potensi ini, tentu akan disambut. Ini (IKA NHKBP) adalah aset HKBP. Tapi memang belum tentu pemimpin atau pendeta HKBP itu dulunya NHKBP,” tandasnya.

Dr. Djonggi Simorangkir bersama Panitia Bona Taon IKA NHKBP Sidorame Wilayah Medan sekitarnya

Dalam menjalankan roda organisasi IKA NHKBP Sidorame Medan, Djonggi mengaku harus memiliki hati dan tidak mencari keuntungan pribadi. “Kedepan, Ketum IKA NHKBP Sidorame Medan, harus lebih memperhatikan perkembangan organisasi, terutama anggota-anggotanya,” imbuh Djonggi.

Kebaktian Sore, Minggu, 8 Maret 2020, Pukul 18.00 WIB, dihadiri ribuan jemaat dipimpin Pdt Monang Silalahi dari Jakarta yang berfoto bersama para Sintua dan NHKBP Sidorame

Tidak itu saja, Djonggi berharap naposo di seluruh HKBP yang berjumlah kira-kira 3.600 gereja di Indonesia dan mancanegara, bisa membentuk IKA NHKBP. “Kalau saja setiap HKBP ada IKA NHKBP, maka suatu saat bisa disatukan untuk dibentuk pengurus level nasional atau dunia. Ini sungguh luar biasa,” cetusnya.

Pemberian Sipalas Roha kepada Pdt Marganda Lubis dari Ketua Panitia Dra Intan Tampu Bolon (atas); Pemberian Sipalas Roha dari Ketua IKA Drs Wadiger Pakpahan kpd Pdt M Silalahi dari Jakarta (kiri bawah); dan Pemberian sipalas Roha dari Rosmaline Sianipar Penasihat IKA kpd Pdt Ressort HKBP Sidorame Pdt Victor Sitohang (kanan bawah)

Salah satu gagasan yang disampaikan Djonggi adalah bagaimana IKA NHKBP bisa menggagas adanya dana abadi bagi pendeta-pendeta di HKBP. “Yang jelas para alumni NHKBP punya potensi besar. Tinggal sekarang bagaimana pemimpin HKBP melihat kilau permata yang saat ini bak masih berada dalam lumpur,” pungkas Djonggi yang dikenal sebagai advokat kondang di Ibu Kota ini.

Dengan adanya dana abadi sehingga para Pendeta Muda dapat digaji dengan baik dan tidak berebut harus ditempatkan di kota-kota besar yang berdampak desa-desa di Tanah Batak dilupakan.

Pada 7 Maret 2020 lalu, IKA NHKBP Sidorame Medan mengadakan bona taon di HKBP Sidorame. Mereka yang terlibat dalam kepanitiaan di Medan yakni, Dra. Intan Tampu Bolon (Ketua), Sekretaris Nelly Sihite, SH., (Sekretaris), dan Netty Siagian, AMD., (Bendahara), didampingi Drs Waldiger Pakpahan, MM / Herta boru Nainggolan.

IKA NHKBP Sidorame Medan juga tampil dalam Kebaktian Minggu pagu, 8 Maret 2020, pukul 10.00 WIB., dan menyumbangkan 2 lagu berturut turut yakni “Bimbing Aku Tuhan”, menampilkan DR
Djonggi Simorangkir sebagai dirigent, dan lagi “Balga Tutu” dengan dirigen Drs Panusunan Tampubolon.

Bona Taon IKA NHKBP Sidorame Medan se-Indonesia/Dunia Wilayah Jakarta dan sekitarnya telah diadakan di Jakarta, 15 Feb 2020 yang dihibur penyanyi Ibu Kota Joel Simorangkir, Dipo Pardede, dan Rina Sidabutar. Acara berlangsung sangat meriah. (RN)