Penampilan para peracik kopi

Jakarta, innews.co.id – Di sela-sela pelaksanaan Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM 2019) yang akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), 7-9 November 2019 ini, akan diadakan Kontes Para Barista dalam event Coffee Championship 2019.

Acara ini merupakan kerjasama Perkumpulan Peracik Kopi Indonesia (PPKI) dengan World Wide Trade Promotion, dan disponsori oleh Tofico dan A.R.C Roastery.

Barista mengemas kopi untuk disajikan kepada konsumen

Sejumlah barista bersertifikat akan unjuk kebolehan dalam menyajikan kopi yang nikmat. Ada dua kategori yang diperlombakan yakni, Latte Art dan Manual Brew V60.

Dalam keterangannya, PPKI mengatakan, ajang ini sekaligus juga sebagai wahana silahturahmi dari para barista. “Para barista bukan semata berlomba, tapi juga bisa bertemu dan lebih mengenal satu sama lain,” kata Nala Jati dari PPKI.

Diyakini acara ini akan menyedot perhatian para pengunjung. Sekarang ini, kata Nala, kopi sudah menjadi tren di Indonesia. Karena itu, peran barista pun dirasa kian penting.

Keseriusan barista dalam meracik kopi yang nikmat

Di sisi lain, dalam memberikan layanan kepada konsumen, para barista pun harus terus meng-upgrade kemampuannya. Salah satunya lewat lomba semacam ini.

Bicara tentang JIPREMIUM yang dibidani oleh Coex ini, pemimpin global industri MICE, merupakan kali kedua diadakan di Indonesia.

Pameran yang menampilkan produk premium ini ditargetkan menghasilkan transaksi US$ 6,6 juta dari transaksi 2018 sebesar US$ 5,5 juta.

Jumpa pers acara JIPREMIUM

Hal itu dikatakan Coex Head Director, Indonesia Division, Global Business Team, Jin Wook Hwang saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (30/10/2019) lalu.

Jin Wook menambahkan, Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan ekonomi berkembang paling sukses di dunia dengan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tergolong stabil. Dengan lebih dari 240 juta penduduk, Indonesia telah menjadi target investasi bagi banyak perusahaan di luar negeri.

“Industri utama yang tumbuh cepat di Indonesia adalah barang-barang konsumen,” lanjut Jin Wook.

Mengusung tema “Stylish Life in Jakarta”, JIPREMIUM 2019 adalah pameran dagang yang menampilkan produk premium dengan kualitas ekspor untuk pasar lokal dan ekspor, termasuk 200 merek¬†high end¬†dari Korea di sektor kecantikan, fashion, hingga makanan. (RN)