Bandung, innews.co.id – Ribuan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di wilayah Jawa Barat, kini boleh lega hati. Kepengurusan yang baru terbentuk sekarang ini menaruh perhatian besar pada pengayoman dan peningkatan profesionalisme anggotanya.

Hal ini secara lantang disampaikan Ketua Pengwil IPPAT Jabar, Osye Anggandarri, SH., saat mengukuhkan Pengurus Wilayah IPPAT Jawa Barat periode 2018-2021 di Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/1/2019).

Osye mengatakan, “Prioritas program kami adalah pengayoman untuk anggota. Itu merupakan titik berat untuk lebih memperhatikan anggota yang bermasalah yang perlu pendampingan di daerah”.

Dia menambahkan, “Saya selaku ketua pengurus wilayah akan aktif bertanya kepada seluruh koordinator wilayah. Jika ada anggota yang bermasalah, pengurus akan jemput bola sampai ke lokasi”.

Dengan penuh semangat Osye mengatakan, bahwa saat ini dirinya melantik ‘Kabinet Satu Untuk Semua’.

Lebih jauh Osye menjelaskan, kepengurusan IPPAT yang tersebar di 25 kota dan kabupaten seluruh Jabar ini adalah salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbaik dari pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di daerah masing-masing yang kami pungut dari seluruh pelaksanaan transaksi jual beli.

Sayangnya, hingga kini Pengwil IPPAT Jabar belum memiliki kantor sendiri. “Oleh karena itu, dihadapan forum yang baik ini, sudilah kiranya Bapak Gubernur Jawa Barat meminjamkan atau bahkan memberikan tempat sekretariat bagi kami,” pinta Osye.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PP IPPAT, Julius Purnawan, SH., MSi., mengatakan, “IPPAT dan PPAT fungsinya adalah milik bersama yang harus kita lanjutkan bersama”.

Ia juga berharap Pengwil Jabar IPPAT yang cukup besar keanggotaannya bisa memberikan warna tersendiri bagi kelembagaan PPAT di masa akan datang.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Jabar, Yusuf Purnama, SH., MH., secara terbuka mengatakan, berdasarkan evaluasi Kanwil Jabar masih banyak PPAT yang praktik namun tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Mereka harus membuat akta yang berkualitas agar masyarakat juga tidak dirugikan,” tegas Kanwil BPN Jabar.

Pengukuhan Pengwil IPPAT Jabar ini juga dihadiri oleh oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Dr. H. Iwa Karniwa, mewakili Gubernur Jawa Barat H. Mochammad Ridwan Kamil, ST yang berhalangan hadir, Kepala Kantor Wilayah Yusuf Purnama, SH., MH., Rektor Unpad Prof. Dr. Med Tri Hanggono Achmad, Ketua Umum PP IPPAT, Julius Purnawan dengan jajarannya, Ketua Pengwil Ikatan Notaris Indonesia, H. Irfan Ardiansyah, SH., LLM., dan jajarannya, Kepala Kanwil Jawa Barat, Ibnu Chuldun, SH., MH., dan tamu-tamu lainnya. (RN)