Jakarta, innews.co.id – Ketua Persatuan Artis Sinema Indonesia (PARSI), Anwar Fuadi dalam sebuah kesempatan pernah menyampaikan bahwa artis yang menggunakan narkoba hanya sekitar 4 persen. “Jumlah artis di Indonesia kurang lebih 1000 orang. PARSI mencatat artis yang tertangkap karena pakai narkoba tidak lebih dari 40 orang. Artinya, tidak sampai 4 persen. Tapi pemberitaan artis ini sangat seksi,” kata Anwar.

Namun, ini menjadi pertanyaan besar, benarkah hanya 4 persen artis yang menggunakan narkoba. Yang tertangkap mungkin 40 orang, tapi narkoba itu ibarat gunung es. Yang baru terusik hanya bagian atasnya saja, sementara yang dibawahnya bisa jauh lebih banyak.

Lebih jauh Anwar mengatakan, “Ada yang bilang kami kerja capek, jadi butuh stamina pakai sabu. Itu omong kosong. Kan ada air putih, vitamin, makan.”

Sebulan terakhir, sejumlah artis tertangkap karena terlibat kasus narkoba. Pemberitaan yang masih hangat adalah penangkapan Fachri Albar, Roro Fitria, Dhawiya dan Rizal Dzibran. Akhir tahun lalu, nama artis senior Tio Pakusodewo juga terjerat narkoba.

Kebanyakan dari mereka berdalih, memakai narkoba untuk stamina mengingat pekerjaan keartisan yang super capek karena itu mereka butuh pendadahan (doping) sebagai penambah stamina. (IN)