St. Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum Komite Danau Toba menyerahkan dokumen percepatan pariwisata Danau Toba kepada Ephorus HKBP Pdt Dr. Darwin Lumbantobing di rumah dinas Ephorus di lokasi Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung, Jumat (11/10/2019)

Tarutung, innews.co.id – Mewujudkan Danau Toba menjadi destinasi wisata dunia tak lepas dari peran para tokoh agama dan gereja. Memahami hal tersebut, Komite Danau Toba (KDT) dipimpin langsung Ketua Umumnya St. Edison Manurung, SH., MM , berkunjung ke Kantor Pusat Huria Kristen Batak Prostestan (HKBP) di Pearaja, Tarutung, Tapanuli Utara, Jumat (11/10/2019) malam.

Rombongan Pengurus KDT diterima langsung dengan penuh kehangatan di rumah dinas Ephorus HKBP Pdt Dr. Darwin Lumbantobing. Dengan suasana santai, para Pengurus KDT memaparkan hasil pertemuan marga-marga di Jakarta serta proyeksi percepatan pariwisata Danau Toba.

Diskusi yang begitu hangat mewarnai pertemuan Pengurus KDT dengan Ephorus HKBP di rumah dinas Ephorus di Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung

Dalam rilisnya kepada innews, Sabtu (12/10/2019), Edison Manurung menyampaikan, dalam pertemuan tersebut disepakati akan diadakan penandatangan MoU antara KDT dengan HKBP Pusat dalam hal Percepatan Pariwisata Mendunia di Era Jokowi.

“Kita juga berdoa bersama agar semua rencana ini dapat terwujud demi kemajuan bona pasogit (kampung halaman),” ujar Edison. HKBP sendiri adalah gereja terbesar di wilayah sekitar Danau Toba dengan jumlah jemaat terbanyak, mencapai 3 juta jiwa di seluruh dunia.

St. Edison Manurung berkesempatan mengunjungi Kaldera Toba

Menurut Edison, sejumlah poin penting dalam MoU tersebut antara lain, penelitian/pencerahan/penyuluhan/seminar tentang persiapan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata kelas dunia. Juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pemuda HKBP se-Kawasan Danau Toba.

Dikerjasamakan juga upaya mendorong mendapatkan sertifikasi Duta Wisata bagi pemuda/pemudi HKBP, bekerjasama dengan pihak Kementerian Pariwisata. Selanjutnya mengadakan kajian ekosistem di Kawasan Danau Toba. Dan hal-hal lainnya yang akan dituangkan selanjutnya.

Ketum KDT ditemani para pengurus bersama Dirut BODT Ary Prasetio dalam sebuah acara

“Intinya, HKBP Pusat sangat mendukung penuh program KDT dalam mendorong percepatan pariwisata Danau Toba,” kata Edison.

Para Pengurus KDT masih terus melanjutkan roadshow ke pemerintah daerah di sekitar Kawasan Danau Toba guna menggalang dukungan dari berbagai pihak.

Edison Manurung menghadiri Deklarasi Nasional Parsibona

Menurut Edison, peluang menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata mendunia sangat besar di era Presiden Jokowi. Karena itu, seluruh pemerintah daerah dan masyarakat di Kawasan Danau Toba harus memberi dukungan penuh. (RN)