Gorontalo, innews.co.id – Kehadiran Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) di setiap provinsi di Indonesia dinilai sangat penting. Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UKM secara intens menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan stakeholders daerah dalam rangka mendukung percepatan pembentukan PPKD.

Hal ini disampaikan Suprapto Asdep Pembiayaan Non bank dan Perpajakan, Kemenkop dan UKM, Suprapto dalam rapat koordinasi di Provinsi Gorontalo, Rabu (28/3).

Rakor tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Prov. Gorontalo, dihadiri Ketua Komisi II DPRD Gorontalo, Kepala Bappeda Gorontalo, Direktur Utama PT Jamkrida Babel Erlan Hadi Susanto, Direktur Utama Perum Jamkrindo Syairah Kadar Wisnuwarman, dan dinas terkait lainnya.

“Berkaitan dengan hal itu maka Kementerian Koperasi dan UKM tidak berhenti untuk mendorong pembentukan PPKD tidak terkecuali bagi Provinsi Gorontalo,” tandasnya.

Sementara itu, niatan menghadirkan PPKD disambut baik oleh Anis selaku Asisten I Setda Gorontalo. “Pembentukan PPKD di Provinsi Gorontalo dapat mendukung pengembangan UMKM di Gorontalo. Diharapkan Dengan adanya PPKD ini berbagai kendala, khususnya soal akses permodalan dapat teratasi.

Pada kesempatan itu, Dirut PT Jamkrida Babel, Erlan Hadi Susanto menjelaskan bahwa pendirian PPKD diperlukan untuk mempermudah koperasi dan UMKM yang tidak memiliki agunanan, atau yang agunannya kurang untuk mengakses sumber pembiayaan dari perbankan.

Selanjutnya sebagai wadah bagi PPKD yang ada diseluruh Indonesia terbentuklah ASIPPINDO (Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia). “Saat ini sudah terbentuk 18 (delapan belas) PT. Jamkrida di Indonesia dan telah tergabung menjadi anggota ASIPPINDO. PPKD di Gorontalo diharapkan dapat segera terbentuk sehingga dapat bergabung dengan ASIPPINDO untuk turut mendorong penjaminan bersama,” jelasnya. (RN)