Jakarta, innews.co.id – Dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di ibu kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng Go-Jek.

Menurut Vice President Corporate Communication Go-Jek Michael Reza Say, pihaknya memiliki program yang diberi nama Go-Nusantara. Dalam program tersebut Go-jek memberikan pelatihan kewirausahaan pada masyarakat yang ingin memiliki usaha.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Go-Jek yakni memfasilitasi UMKM di acara Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang ke-492. Para UMKM yang membuka booth di acara Semasa Piknik yang merupakan rangkaian dari HUT ini difasilitasi salah satu ekosistem Go-Jek yakni, Go-Pay untuk bertransaksi.

“Kami sangat bangga bisa terlibat lebih banyak dengan Pemprov DKI untuk bisa merealisasikan visi Pemprov DKI Jakarta dalam mencetak 200 ribu lebih UMKM muda,” kata Michael di acara Semasa Piknik, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).

Dikatakannya, UMKM menjadi salah satu pilar penting bagi ekonomi di Jakarta bahkan di nasional. Oleh karena itu, lanjut Michael, pihaknya menargetkan akan terus mengembangkan kerja sama lebih jauh lagi agar lebih banyak UMKM yang bisa diajak bermitra.

“Sebanyak-banyaknya, makin banyak makin bagus. Sekarang baru yang ada di sini saja, kedepannya kami lagi jajaki kerja sama dengan Dekranasda,” jelas Michael.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta Fery Ferhati Ganis menyambut baik langkah yang dilakukan Go-Jek. Fery mengatakan pihaknya berharap Go-Jek juga mendukung para pengrajin yang ada di Dekranasda.

Istri dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ada sekitar 300 lebih pengrajin yang menjadi anggota Dekranasda DKI Jakarta dan diharapkan terus berkembang. “Saya juga apresiasi Go-Jek yang bantu pengusaha muda, pengusaha kecil. Dengan adanya Go-Jek mereka ekonominya terangkat. Mudah-mudahan makin luas kerja samanya,” ujar Fery.

Selain kerja sama mendukung UMKM, Go-Jek turut mendorong pariwisata di DKI Jakarta dengan layanan Go-Tix. Di dalam layanan tersebut ada kanal khusus yang diberi nama Enjoy Jakarta. (IN)