Jakarta, innews.co.id – Setelah melalui perjuangan yang tidak ringan, Ashoya Ratam, SH., MKn., berhasil duduk sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) periode 2018-2021.

Dirinya meraih suara terbanyak dari beberapa kandidat lainnya.

Saat diwawancarai, beberapa waktu lalu, Ashoya mengaku bersyukur telah terpilih karena ini menjadi kali pertama alumni dari kenotariatan yang duduk sebagai Ketua Umum ILUNI FHUI.

“Pasti senang ya. Sekarang tinggal bagaimana menjalankan program kerja dengan efisien, efektif, dan berdampak positif,” aku Ashoya yang mengaku sempat kuatir di awal karena ia merasa selama menduduki jabatan yang amanah tersebut, dirinya harus mampu mengimplementasikan program-program nyata selama masa kepengurusannya.

Saat ini, kata Ashoya, ia tengah menyusun kepengurusan. “Ini penting, karena susunan kepengurusan akan dapat menggambarkan apakah ILUNI FH mampu bergerak lebih gesit atau sebaliknya. Demikian juga kita butuh orang-orang yang inovatif,” ujar Ashoya.

Lebih jauh Ashoya mengatakan, yang perlu juga di kawal dari awal adalah bagaimana kita membantu Fakultas melahirkan alumni FHUI yang berkualitas dan siap kerja.

Untuk itu, sangat perlu suatu diskusi bersama antar-Fakultas dan pengguna nantinya. Hasil diskusi maupun kajian bisa menambahkan poin-poin dalam kurikulum Mata Ajar.

Lebih jauh Ashoya mengatakan, pasca terpilih sebagai Ketum ILUNI FHUI, dirinya sudah aktif memperkenalkan diri dengan pihak luar. Bahkan, beberapa waktu lalu, pihaknya sudah turun ke masyarakat membantu pelaku usaha di kawasan Pasar Induk Kramatjati.

Ditanya harapannya, dengan lugas Ashoya mengatakan, ILUNI FHUI bisa merangkul setiap alumni dari setiap angkatan. Juga dapat ikut membantu mencapai Misi FHUI kedepan yakni menjadi Prominent Law Faculty di Asia Tenggara.

“Saya garis bawahi ‘ikut membantu’, karena tentunya kita adalah bagian dari FHUI.
Tentunya bukan beban utama ILUNI FH, tapi dengan semangat untuk menjadikan FHUI Lebih Berjaya – mau tidak mau peran dari setiap alumni sangat dinantikan,” ujarnya.

Tidak mudah tentu menjalankan roda organisasi. Namun, peran serta dari segenap alumni FHUI akan memungkinkan semua program bisa berjalan maksimal. (RN)