Jakarta, innews.co.id – Mendorong kemajuan industri menjadi keniscayaan bagi pertumbuhan bisnis kuliner di Tanah Air. Untuk itu dibutuhkan sinergitas dan inovasi serta terobosan dari Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) guna memastikan industri kuliner bisa lepas landas di era serba canggih ini.

Hal itu tercermin dalam spirit para Pengurus APJI periode 2019- 2024 yang baru saja dikukuhkan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (18/3/19).

Para pengurus yang dipimpin Irwan Iden Gobel nampak begitu antusias menyambut penugasan dan kepercayaan dari segenap pelaku bisnis kuliner di Indonesia. Wajah-wajah yang fresh, nampak begitu taft dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Terpilihnya pria low profile Irwan Iden Gobel yang biasa disapa Iden Gobel ini, secara aklamasi pada Musyawarah Nasional APJI ke-3 yang telah berlangsung di Jakarta pada 19-21 Februari lalu, menjadi sinyal bahwa kini APJI berada ditangan orang muda yang tentu sangat memahami perubahan zaman yang demikian cepat.

Mengusung tema ‘Sinergi dan Inovasi’, Iden Gobel seolah ingin menyatakan bahwa sudah saatnya APJI ikut mengadopsi kemajuan teknologi 4.0 yang disertai dengan sinergitas yang sehat diantara semua anggotanya.

Menurut Iden, APJI sebagai salah satu organisasi kuliner terbesar dan tertua di Indonesia, tentu memiliki arti yang sangat signifikan dalam perjalanan bangsa ini.

“APJI memiliki kewajiban untuk melestarikan kuliner Indonesia, sebagai salah satu potensi kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia,” ujar Iden dalam sambutannya.

Ia menambahkan, setiap daerah memiliki makanan dan minuman dengan citarasa yang khas dan varian yang berbeda. Kekhasan kuliner Indonesia itu, menjadi salah satu daya tarik yang besar.

“Kekayaan kuliner ini perlu dilestarikan, dikembangkan, bahkan dipromosikan dalam lingkup yang lebih luas,” ujarnya.

Kehadiran APJI, juga punya misi memastikan kekayaan kuliner Indonesia tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan melindunginya dari serbuan kuliner asing. Bahkan, APJI harus berupaya terus mengembangkan kuliner Indonesia.

“Kuliner Indonesia harus mendapat tempat dan dapat bersaing di dunia global, seperti halnya kuliner Thailand yang hampir menguasai dunia dengan slogannya Kitchen of The World,” ujarnya. (RN)