Jakarta, innews.co.id – Jelang Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan diadakan di Hotel Shangrilla, 2 November 2019, bursa calon ketua umum semakin menggeliat. Tercatat, ada 11 caketum yang akan bertarung guna memperebutkan kursi PSSI-1.

Menyikapi dinamika yang berkembang, secara khusus Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum Komite Danau Toba (KDT), dengan lugas kepada innews, Jum’at (1/11/2019) mengatakan, PSSI membutuhkan sosok yang tegas dan punya kapabilitas dalam memimpin organisasi olahraga yang besar tersebut.

Edison Manurung (kiri) tampak akrab dengan Caketum PSSI Iwan Bule

“Kita ketahui bersama, sepakbola menjadi salah satu cabang olahraga yang punya banyak penggemar di Tanah Air. Berbagai kompetisi, mulai dari tingkat desa sampai nasional. Pun ada turnamen pada berbagai jenjang usia. Untuk itu, kalau bukan sosok yang piawai dan punya ketegasan, maka akan sulit membawa sepakbola Indonesia berbicara banyak di level Asia, bahkan dunia,” papar Edison.

Kriteria sosok ideal untuk memimpin PSSI, kata Edison, ada pada diri Komjen Pol. Dr. Drs. H. Mochamad Iriawan, SH., MM., MH., yang akrab disapa Iwan Bule. Mantan Kapolda Metro Jaya ini dikenal bukan saja penggemar bola, tapi juga punya leadership yang tangguh.

“Saya berharap Komjen Pol Iriawan bisa terpilih menjadi Ketum PSSI. Beliau sosok yang diyakini mampu membawa sepakbola Indonesia lebih maju kedepan,” tandas Edison yang juga penggagas dan Presiden Edison Manurung Center (EMC) ini.

Iwan Bule memberikan kaos bola kepada Edison Manurung

Penilaian Edison bukan tanpa alasan. Baginya, Iwan Bule bukan sosok yang asing bagi dunia sepakbola, utamanya di klub-klub sepakbola. “Belum menjabat apa-apa saja, dia sudah banyak berbuat untuk persepakbolaan Tanah Air,” lanjut Edison.

Edison yang juga mantan Ketua DPP KNPI ini menegaskan, persepakbolaan Indonesia akan maju dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional karena sepakbola adalah salah satu olahraga yang mendunia dan rata-rata diminati setiap negara.

Iwan Bule lagi bersama Oesman Sapta Odang

“Iwan Bule yang juga mantan Kapolda Jabar dan sekarang sebagai Sekretaris Utama Lemhanas memiliki program yang memang dibutuhkan oleh dunia sepakbola Indonesia yakni, menertibkan permainan-permainan, baik dari sisi wasit maupun supporter yang kerap menjadi masalah. Intinya, Iwan Bule sudah paham betul apa yang terjadi selama ini di dunia persepakbolaan Indonesia,” paparnya.

Edison mengajak semua pihak untuk sama-sama mendukung Iwan Bule untuk jadi Ketum PSSI. (RN)