Jakarta, innews.co.id – Menyaksikan keindahan Danau Toba dapat disaksikan secara langsung melalui Google Street View.

Menurut rilis yang diterima dari Divkompublik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jumat (28/9), layanan Google Street View Special Collect Danau Toba resmi diluncurkan bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia 27 September 2018 kemarin. Grand Launching ini dihadiri oleh petinggi Google Asia Pacific maupun Google Indonesia.

Alat yang digunakan untuk memetakan Danau Toba (dok Divkompublik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba)

Prosesnya sendiri sudah berlangsung lebih dari satu bulan yang lalu (Agustus 2018) didampingi dan juga bekerjasama dengan perwakilan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba.

Google bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan meningkatkan promosi destinasi kelas dunia yang ada di Indonesia kepada pengguna Internet, calon wisatawan dan investor supaya tertarik datang dan melihat langsung keindahan yang ada di destinasi ini.

Danau Toba yang adalah Danau Vulkanik terbesar di dunia saat ini sudah bisa dinikmati langsung oleh siapa saja dan dari mana saja menggunakan sudut pandang virtual 360 derajat.

Sebelumnya, Google Street View juga telah meluncurkan gambar dari sejumlah destinasi wisata di beberapa wilayah Indonesia, seperti Candi Borobudur (versi video Borobudur), Candi Prambanan, Batu Boko, Mendut, Pawon, Sari, Kalasan, Sewu.

Selain itu ada pula pengambilan gambar untuk museum, di antaranya Museum Nasional dan Situs Purba Sangiran. Bahkan untuk Kawasan Wisata bawah air yang terkenal di Raja Ampat, telah dilakukan pengambilan gambar Underwater Street View.

Pemerintah menyambut baik Layanan Street View Special Danau Toba ini. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo mengungkapkan kekagumannya akan hasil yang memuaskan dari layanan Street View ini.

“Layanan baru ini sangat menguntungkan Destinasi Danau Toba dan masyarakat sekitar yang terekam dengan baik dan detail sekali. User dapat menikmati virtual reality ini secara langsung seakan-akan berada disana,” ujar Arie. (RN)