Edison Manurung, SH., MM., sesaat sebelum meninggalkan Tanah Air

Jakarta, innews.co.id – Gerakan Bersih-Bersih Sampah di Kawasan Danau Toba menjadi salah satu program unggulan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT). Hal ini rencananya akan dilaksanakan pada 26-27 Januari di seluruh Kawasan Danau Toba yang rencananya akan dihadiri Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Dr. Alue Dohong.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum DPP KMDT di sela-sela kesibukannya membenarkan hal itu. “Ya, benar ada rencana Gerakan Bersih-bersih Sampah di Kawasan Danau Toba yang digagas oleh KMDT bekerjasama dengan Kementerian KLH,” jelasnya di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Dikatakannya, Dinas KLH Sumut sudah mengkonfirmasi rencana Wamen KLH bersama KMDT membuat Gerakan Bersih-bersih Sampah yang dipusatkan di Kabupaten Samosir, 26-27 Januari 2020.

Ketika dihubungi secara singkat, Alue Dohong membenarkan hal tersebut. “Rencananya begitu, namun masih di finalisasi agendanya oleh 3 Dirjen,” jelasnya.

Lebih jauh Edison mengatakan, “Gerakan ini menjadi cermin keseriusan KMDT dalam mendukung program Presiden Jokowi yang telah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas”.

Diharapkan melalui program ini, Danau Toba akan bersih dari sampah dan semakin cantik. Kedepan, pembersihan akan berlanjut dengan meluluhlantakkan keramba jaring apung yang banyak bertebaran. “Siapapun yang coba mengganggu keasrian Danau Toba akan kami sikat,” tegas Edison. (RN)