Jakarta, innews.co.id – Tiga motto menjadi bagian penting bagi perjalanan Koperasi Gabungan Transportir Minyak dan Gas (Gatra Migas) di era kepengurusan baru periode 2018-2021, yakni Kebersamaan, Kerja Keras, dan Keberhasilan.

Hal ini dikatakan H. Harianto Gunawan, Ketua Koperasi Gatra Migas (Kogami) yang dipilih secara aklamasi pada Rapat Anggota Tahunan dan Rapat Anggota Khusus di Hotel Santika Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dalam acara tersebut juga disampaikan Laporan Tahun Buku 2018 dan pemilihan pengurus 2018-2021.

Harianto yang sudah menjadi Ketua Koperasi sejak 2012 ini mencanangkan tiga motto tersebut sebagai ‘kekuatan’ Kogami dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Pengurus Koperasi Gatra Migas periode 2018 – 2021 usai Rapat Anggota Tahunan di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (17/1/2019)

Jika di era 2012-2015 dipakai motto 3 J, yakni Janji, Jujur, dan Jelas, maka di periode 2015-2018 dicanangkan motto 5 S, yaitu Sapa, Senyum, Salam, Sabar, dan Sehat.

Kebersamaan, bagi Harijanto adalah hal yang mutlak. “Saya tidak mungkin bekerja sendiri. Demikian pula pengurus tidak bisa bekerja sendiri. Harus dijalankan bersama-sama, pengurus dan anggota. Saya yakin dengan kebersamaan, maka kerja keras akan bisa dijalani. Dan, kalau kita sudah bekerja keras, maka akan menuai keberhasilan,” terang Harianto.

Lebih jauh ia menjelaskan, kalau pada periode kepengurusan lalu, telah diremajakan 10 armada transportasi minyak dan gas,di masa sekarang rencananya akan ada 58 armada yang mau diremajakan.

“Tentu ini bukan pekerjaan mudah. Tapi dengan kebersamaan, saya yakin semua bisa dijalani dengan baik,” kata Harianto.

Di bawah kepemimpinan Harianto, nampaknya geliat Kogami begitu luar biasa. Selain memiliki simpanan wajib dan sukarela dalam jumlah signifikan, Kogami juga berencana membeli sebuah ruko sebagai aset koperasi.

“Benar, kami saat ini sedang nabung untuk membeli ruko,” kata Harianto.

Selain itu, hubungan dengan Pertamina juga terjalin dengan baik.

Dari masukan beberapa anggota sempat mencuat periodisasi kepengurusan sejatinya diperpanjang, dari 3 menjadi 5 tahun. Namun, hingga usai RAK, hal ini sepakat dibicarakan kemudian.

Kogami adalah koperasi transportasi minyak dan gas terbesar di wilayah DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu Harianto juga menyampaikan kalau selama ini anggota Kogami banyak menggunakan truck merek Nissan dan Hino. “Saya baru dapat penawaran dari Mercy. Itu akan saya sampaikan ke anggota, baik kekurangan maupun kelebihannya,” jelasnya. (RN)

Susunan Pengurus Koperasi Gatra Migas 2018-2021

Ketua: H. Harijanto Gunawan

Sekretaris: Vonny Rahayu Pawaka, SH

Bendahara: Harry Suryakusuma, SE

Dewan Pengawas:

Ketua: Ir. Edwin Felder

Anggota: Maharani Sebayang

Anggota: Ira Sulaeman