Jakarta, innews.co.id – Gelar “Ibu Bangsa” disematkan kepada Shinta Nuriyah Wahid istri Gus Dur.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, MPd., Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dalam acara Peringatan Hari Ibu ke-90 di Auditorium Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Rabu (5/12).

Dalam keterangannya Giwo Rubianto mengatakan, pemberian gelar “Ibu Bangsa” kepada Shinta Nuriyah menjadi bukti bahwa dalam implementasinya Ibu Bangsa telah mengambil peran penting di bangsa ini, sebagai pejuang.

“Apa yang telah dilakukan Ibu Shinta Nuriyah Wahid adalah teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Penyematan penghargaan Ibu Bangsa dari Kowani kepada Shinta Nuriyah Wahid pada Peringatan Hari Ibu ke-90 di Auditorium Adhiya, Wisma Antara, Rabu (5/12). (Foto2: Hendra)

Sementara itu, Shinta Nuriyah Wahid mengapresiasi pemberian penghargaan sebagai “Ibu Bangsa”. “Ini suatu penghargaan yang luar biasa kepada perempuan Indonesia dan memotivasi untuk bisa berbuat lebih banyak bagi bangsa ini,” kata Shinta Wahid.

Dikatakannya juga, Ibu Bangsa harus memiliki sifat yang inklusif, di tengah keluarga, lingkungan sekitar, komunitas, bangsa dan negara.

Tampak hadir pada acara ini Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise, Linda Gumelar, Martha Tilaar, dan tokoh-tokoh perempuan lainnya. Tahun ini tema yang diusung “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Keluarga”.

Di bulan Hari Ibu ini, Kowani juga akan mengadakan road show dengan mengadakan serangkaian acara di Sumatera Barat dan Kalimantan Timur. (RN)