Jakarta, innews.co.id – Seluruh warga negara, tak terkecuali yang telah memiliki hak politik harus berperan serta dalam Pemilu yang akan diadakan 17 April 2019. Demikian juga para kelompok senior atau lanjut usia (lansia).

Sayangnya, kelompok lansia kerap kurang mendapat perhatian dalam rangka sosialisasi Pemilu 2019, khususnya berkaitan dengan surat suara.

Vicky W. Kartiwa, Ketua Umum Perempuan Jenggala

Untuk itu, secara khusus Perempuan Jenggala yang merupakan bagian dari Jenggala Center mengadakan sosialisasi Pemilu 2019 di Panti Wredha Wisma Mulia, Jakarta Barat, Senin (28/1/2019).

Sejumlah pengurus Jenggala menghadiri acara yang berlangsung meriah tersebut yang dihadiri para senior yang tampak begitu bahagia mendapat kunjungan yang spesial tersebut.

Kepada innews, Vicky W. Kartiwa, Ketua Umum Perempuan Jenggala mengatakan, para senior sangat penting disosialisasikan kepada para senior. Harapannya, tentu dengan adanya sosialisasi, para lansia bisa memahami dan pada saat pencoblosan tidak salah pilih.

Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Pembina Perempuan Jenggala tengah memberikan sambutan di Panti Wredha Wisma Mulia, Jakarta, Senin (28/1/2019)

“Jenggala Center sebagai wadah yang didirikan tahun 2009 membawahi Perempuan Jenggala dan banyak berkiprah tidak hanya di bidang sosial, tapi juga demokrasi,” jelas Vicky W. Kartiwa, Ketua Umum Perempuan Jenggala saat ditemui di lokasi acara.

Sementara itu, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., Pembina Perempuan Jenggala sekaligus Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menjelaskan, para senior harus mendapat sosialisasi yang benar berkenan mengenai Pemilu 2019.

Para pengurus Perempuan Jenggala berbaur bersama para senior di Panti Wredha Wisma Mulia, Jakarta, Senin (28/1/2019)

Soal memilih siapa, lanjut Giwo, tentu kita serahkan kepada masing-masing senior. “Intinya, para lansia juga memiliki hak suara dan tidak boleh diabaikan begitu saja,” imbuh Giwo Rubianto.

Uniknya, ketika ditanya, kira-kira para senior mau pilih siapa di Pilpres 2019, sontak para penghuni Panti Wredha Wisma Mulia langsung meneriakkan “Jokowi, Jokowi”, sembari mengacungkan 1 jari dan jempol.

Para penghuni Panti Wredha Wisma Mulia dihibur dengan alunan lagu-lagu oleh Perempuan Jenggala

Giwo mengatakan, “Silahkan menentukan pilihan masing-masing sesuai hari nuraninya. Kita pilihan pemimpin yang benar-benar mau bekerja untuk rakyat. Pemimpin yang tulus, ikhlas, dan amanah,” seru Giwo Rubianto yang juga dipercaya sebagai Vice President International Council of Women (ICW) ini.

Perempuan Jenggala sosialisasi Pemilu di Panti Wredha Wisma Mulia, Jakarta, Senin (28/1/2019)

Pada kesempatan ini, Perempuan Jenggala memberikan hiburan dengan menyanyi dan menari bersama para lansia. Ditengah-tengah hiburan, dilakukan sosialisasi mengenai pencoblosan Pemilu Presiden 2019 nanti. (RN)