Jakarta, innews.co.id – Mengakhiri karir sebagai diplomat, kini ia tampil di panggung politik. Ia meneruskan pengabdian sebagai calon wakil rakyat yang akan menghuni Senayan nantinya.

Sosok Drs. H. Andradjati, M.IP., dikenal sebagai diplomat ulung. Terakhir, ia sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk beberapa negara Afrika dan berkedudukan di Dakar, Senegal, periode 2012-2016.

Sebelumnya, pria low profile yang memulai karir sebagai pegawai negeri di lingkungan Kementerian Luar Negeri ini, tercatat ia bertugas di berbagai negara, seperti di Kanada, Austria, Belgia, Singapura, dan Afrika Selatan.

Kini, ia mau meneruskan pengabdian lewat jalur politik. Ia memilih Partai Perindo sebagai kendaraannya menuju Senayan dari daerah pemilihan Jawa Barat III yang meliputi Kota Bogor dan Cianjur dengan nomor urut 2.

Komitmennya ingin terus mengabdi bagi bangsa dan negara. “Alhamdulilah saya diberi kesehatan untuk bisa berbuat lebih banyak bagi masyarakat,” kata Andradjati saat ditemui di Hotel Crowne, Jakarta, Kamis (22/11).

Mengapa melalui Perindo? “Saya menilai partai ini selain masih belum terkontaminasi, juga sangat cocok dari sisi platform maupun visi-misinya dengan saya,” kata Andradjati.

Ternyata Andradjati punya visi besar dalam melanjutkan pengabdiannya yakni, “Terwujudnya masyarakat yang lebih sejahtera dan berdaya saing tinggi”.

Sedang misinya antara lain: peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM; Peningkatan kompetensi SDM; Memperjuangkan pendidikan tinggi berbasis teknologi, inovasi dan kearifan lokal; dan mengupayakan bea siswa bagi pelajar, mahasiswa dan para difabel berprestasi.

Gerakan ekonomi

Andradjati melihat saat ini Indonesia tengah gencar-gencarnya mendatangkan devisa, salah satunya memperkuat ekspor. Sayangnya, hal ini tidak ditopang oleh daya saing dari produk-produk yang dihasilkan di dalam negeri. Akibatnya, Indonesia masih kalah bersaing dengan Thailand atau Vietnam.

Menurut Andradjati, produk Indonesia sejatinya bisa bersaing dengan negara lain. Dibutuhkan upaya untuk memperbaiki kualitas produk, baik dari sisi packaging maupun pemasarannya.

Drs. H. Andradjati teruskan pengabdian

Dalam hal ini, dengan jaringan yang dimiliki Andradjati, sudah barang tentu akan memudahkan pemasaran aneka produk lokal ke level global.

“Produk Indonesia harus lebih sering ikut pameran internasional. Selain jaringan yang ada, bila terpilih saya akan memperjuangkan kenaikan anggaran bagi para UMKM” jelas pria yang memiliki tagline ‘Solusi Pendidikan dan UMKM Anda’ ini.

Andradjati menekankan bagaimana produk-produk lokal bisa bersaing, sehingga tidak hanya dijual retail, tapi juga sifatnya long term business dengan pihak luar negeri.

Hal lain yang juga akan dilakukan Andradjati adalah bagaimana para UMKM bisa memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasarannya. Untuk hal ini, Andradjati sudah menyiapkan aplikasi khusus guna mendukung hal tersebut.

Demikian juga, menurut Andradjati, penting menaikkan anggaran untuk UMKM, sehingga bisa memperluas usahanya.

Hal lainnya lagi yang akan diperjuangkan Andradjati adalah pendidikan yang menurutnya sangat penting. Tidak hanya bagi warga di Bogor, tapi juga pendidikan bagi para petani dan nelayan.

“Pendidikan menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan. Dengan pendidikan yang cukup, tentu masyarakat bisa meningkatkan daya saing di level global,” ujar alumni Fakultas Sosial Politik Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Padjajaran ini.

Andradjati yang pernah mengenyam pendidikan politik internasional di ULB Brussel, Belgia, ini mengaku telah siap maju dalam kontestasi Pemilu Legislatif, 17 April 2019, dan melanjutkan pengabdiannya kepada masyarakat luas. (RN)