Disaksikan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Ketum DPP KMDT Edison Manurung melantik Pengurus KMDT Tapanuli Utara, di Gedung Kesenian dan Kebudayaan 'Sopo Partungkoan' Tarutung, Jum'at (7/2/2020)

Tarutung, innews.co.id – Kehadiran Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ke Tapanuli Utara (Taput) menjadi momentum berbarengan dengan pelantikan Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Taput yang diadakan di Gedung Kesenian dan Kebudayaan ‘Sopo Partungkoan’ Tarutung, Jum’at (7/2/2020).

Bamsoet–sapaan akrab Bambang Soesatyo yang juga didaulat menjadi Dewan Pembina KMDT ini turut menyaksikan pengukuhan pengurus yang dilakukan langsung oleh Edison Manurung, SH., MH., Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KMDT. Juga hadir Drs. Nikson Nababan Ketua Koordinator KMDT se-kawasan Danau Toba dan sejumlah pengurus DPP KMDT yakni, Bridjen TNI Pur Harangan Sitorus, DR Tuntun Sinaga, Pdt DR Poltak Siahaan, DR Ir Sitorus (Sekjend DPP KMDT), Tonny Rons Hasibuan, dan Sepri Situmeang, SE., MM.

Edison Manurung menyerahkan bendera pataka kepada Pengurus KMDT Tapanuli Utara

Dalam pesannya Edison meminta para pengurus bisa benar-benar turun ke masyarakat, memberi edukasi dan pemahaman akan pentingnya program Presiden Joko Widodo dalam menjadikan wisata Danau Toba menjadi destinasi yang mendunia.

“Setelah dilantik, kiranya saudara-saudara sekalian bisa turun ke masyarakat agar visi Presiden Jokowi dalam mengembangkan Danau Toba bisa terwujud. Sebab, muaranya tentu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Edison.

Rombongan DPP KMDT mengikuti acara di Gedung Kesenian dan Kebudayaan ‘Sopo Partungkoan’ Tarutung, Jum’at (7/2/2020)

Dikatakannya, jangan lagi peristiwa di Sigapiton terulang kembali. Sebab, itu sangat memalukan sekali.

Sebelumnya Bamsoet telah mengingatkan semua pihak, baik stakeholders, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat luas agar turut bersama-sama mendukung upaya pemerintah menduniakan Danau Toba.

“Kita harus bangga memiliki Danau Toba yang begitu indah ini. Jangan disia-siakan, tapi ayo kita sama-sama kenalkan kepada dunia,” seru Bamsoet.

DPP KMDT bersama perwakilan dari MPR RI dijamu makan malam oleh Bupati Tapanuli Utara di kediamannya

Hal senada dikatakan Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara, pihaknya juga berupaya membangun wilayahnya yang terkait langsung dengan Danau Toba dan sekitarnya. “Kita semua harus bekerja keras agar visi Presiden Jokowi bisa terwujud,” kata Nikson. (RN)